307 Calon Haji Dharmasraya Mulai Lunasi BPIH

id Haji

307 Calon Haji Dharmasraya Mulai Lunasi BPIH

Ilustrasi - Haji. (Antara)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Sebanyak 307 calon haji asal Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat yang terpanggil untuk melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahap pertama mulai melakukan pelunasan di Bank Penerima Setoran (BPS) yang ada daerah itu.

"Dari 307 calon haji yang terpanggil hingga hari ini sudah 25 orang yang menyerahkan bukti pelunasan ke kantor Kementerian Agama," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag setempat, Suhardi di Pulau Punjung, Selasa.

Ia mengatakan dana yang harus dilunasi calon haji yakni sebesar Rp32.840.450 kepada BPS hingga batas pembayarannya 5 Mei 2017.

Pelunasan BPIH dilakukan dalam dua tahap, tahap pertama untuk calon reguler dan tahap kedua untuk pelunasan calon haji lansia, cadangan, dan pendamping.

Untuk sementara, katanya pihaknya masih menunggu keputusan untuk kuota lanjut usia (lansia), pendamping dan cadangan.

Menurutnya untuk penambahan kuota cadangan lansia dan pendamping ini masih menunggu keluarnya keputusan dari Kementerian Agama RI dan Kemenag Provinsi Sumatera Barat.

Ia berpesan agar para calon haji mulai mempersiapkan fisik dengan sebaik mungkin, karena sebagaimana diketahui ibadah haji merupakan rangkaian ibadah yang cukup berat.

"Ibadah haji merupakan kesempurnaan keislaman seseorang, karena rangkaian prosesi ibadahnya pun sangat menguras energi," katanya.

Ia mengingatkan agar para calon haji tidak henti-hentinya memanjatkan syukur, karena mereka mendapat kesempatan menjadi tamu Allah SWT.

Banyak masyarakat di luar mampu secara finansial, sebutnya, namun tidak diberikan kesempatan, dan memperoleh hidayah dan kemauan untuk menunaikan rukun Islam ke lima tersebut.

Salah seorang calon haji, Rawaida (39) menyampaikan dirinya sudah melunasi BPIH sejak tanggal pelunasan dimulai pada 10 April 2017.

"Saya sengaja melunasi lebih awal, agar apabila ada kendala tidak tergesa-gesa untuk perbaiki. Bukti pelunasan juga sudah saya berikan ke pihak Kemenag," katanya. (*)