1.656 Siswa SMA Kabupaten Solok Mengikuti UNBK

id UNBK, SMA, Solok

1.656 Siswa SMA Kabupaten Solok Mengikuti UNBK

Ilustrasi - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Arosuka, (Antara Sumbar) - Sebanyak 1.656 siswa sekolah menengah atas dan madrasah aliyah di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer 2017 yang dimulai sejak Senin (10/4).

"Peserta UNBK 2017 terdiri atas tujuh SMA dan lima MA, sedangkan 1.515 orang siswa mengikuti Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) 2017," kata Ketua Pelaksana UN SMA, MA, dan SMK Kabupaten Solok, Asrijal di Koto Baru, Rabu.

Ia menyebutkan tujuh SMA yang mengikuti UNBK, yaitu SMAN 1 Singkarak sebanyak 172 siswa, SMAN 2 Singkarak 43 siswa, SMAN 1 Kubung 197 siswa, SMAN 1 Bukit Sundi 160 siswa, SMAN 1 Gunung Talang 308 siswa, SMAN 2 Lembang Jaya 59 siswa, dan SMA Plus Talang diikuti 59 siswa.

Sedangkan lima MA yang mengikuti UNBK yaitu MAN Singkarak 65 siswa, MAN Lembah Gumanti 59 siswa, MAN Aur Duri Sumani 17 siswa, MAS Nurul Amal Cupak 11 siswa, dan MAS Saniang Baka 6 siswa.

Ia mengatakan sekolah itu melaksanakan UN di sekolah sendiri, kecuali SMAN 1 Gunung Talang dan SMA Plus Talang yang tempat ujiannya di SMKN 1 Gunung Talang.

"Alhamdulillah, ujian hari ketiga UNBK yang mata pelajarannya Bahasa Inggris berjalan lancar," ujarnya.

Walaupun, lanjutnya pada hari sebelumnya terdapat kendala lampu yang mati sebentar di salah satu sekolah. Tapi, hal tersebut hanya memperlambat waktu ujian beberapa saat.

Ia menyebutkan tidak ada kekurangan soal, ataupun keterlambatan soal untuk UNKP. Semua peserta ujian terbagi menjadi 114 lokal ujian, dengan 314 orang pengawas yang menjaga ujian setiap harinya.

Ia merinci 1.515 siswa SMA dan MA yang mengikuti UNKP terdiri dari 14 SMA dan 9 MA, yaitu SMAN 1 Lembah Gumanti, SMAN 1 Lembang Jaya, SMAN 1 X Koto Diatas, SMAN 1 IX Koto Sungai Lasi, SMAN 1 Pantai Cermin, SMAN 1 Payung Sekaki, SMAN 1 Danau Kembar.

Lalu, SMAN 1 Junjung Sirih, SMAN 1 Hiliran Gumanti, SMAN 2 Gunung Talang, SMAN 2 Hiliran Gumanti, SMAN 1 Tigo Lurah, SMAN 2 Summatera Barat, dan SMA PP Terpadu M.Natsir.

Selanjutnya, 9 MA yaitu MAN Koto Baru, MAS Tarbiyah Paninggahan, MAS Nurul Maulid, MAS MUhammadiyah Sulit Air, MAS Gantung Ciri, MAS TI Pasar Surian, MAS Sungai Lasi, MAS PSA Sulit Air, dan MAS Syech Muhcsin.

Sementara itu, Wakil Kepala SMAN 1 Gunung Talang Sulasman mengatakan Peserta ujian di sekolahnya terdiri dari 10 lokal, 6 lokal IPA sebanyak 187 siswa, dan 4 lokal IPS sebanyak 121 siswa yang akan menumpang di SMKN 1 Gunung Talang.

Menurutnya, UNBK yang berlangsung mengurangi tingkat kecurangan, karena siswa tidak ada yang mencontek. Selain itu, lebih efisien tenaga dan anggota dalam memeriksa, sebab dapat langsung diperiksa. (*)