BNI Serahkan Delapan Kios Kuliner di Panorama Bukittinggi

id #BNI #Rumah Kreatif #kios kuliner bukittinggi

BNI Serahkan Delapan Kios Kuliner di Panorama Bukittinggi

Head Consumer & Ritel BNI Region Sumbar Riau Kepri Kerinci Firmasyah bersama Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatis pada acara penyerahan delapan kios kuliner di kawasan Panorama. (b)



Bukittinggi (Antarasumbar) -
Wujud kepedulian Bank Negara Indonesia (BNI) terhadap perkembangan kuliner sebagai penunjang sektor pariwisata daerah terus dilakukan, seperti penyerahan delapan kios kuliner di Panorama Bukittinggi.

Head Consumer & Ritel BNI Region Sumbar Riau Kepri Kerinci Firmasyah di damping oleh Ibu Mairiani Pemimpin Cabang Bukittinggi pada 11 April 2017, langsung delapan revitalisasi kios kuliner kepada delapan orang pedagang disaksikan oleh Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Emil Anwar serta Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Kayu Kubu, Bukittinggi, Eril Anwar.

Head Consumer & Ritel BNI Region Sumbar Riau Kepri Kerinci Firmasyah mengatakan, revitalisasi kios ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan kerja Menteri BUMN ke Bukittinggi yang didampingi oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, pada 25 Februari 2017.

Dalam kesempatan kunjungan tersebut telah ditandatangani kesepakatan BUMN, seperti BNI, PT Semen Indonesia, Garuda Indonesia, Pegadaian, Perum Antara, BRI, Pertamina dan beberapa BUMN lainnya.

Adapun isi kesepakatan itu adalah, "Kami BUMN dan Pariwisata Berkomitmen Bersinergi Mewujudkan 3 Juta Wisman Tahun 2019 Dengan Pengembangan Destinasi, Atraksi, Konektivitas dan Amenitas Disertai Pemberdayaan Masyarakat, Pengembangan Sumber Daya Insani dan Optimilisasi Teknologi Digital".

Meningkatnya jumlah kedatangan Wisman merupakan harapan semua, dan tentunya seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat dan Bukittinggi pada umumnya yang tentunya bertampak langsung kepada kesejahteraan masyarakat semua.

Pada kesempatan ini, kata dia, Wali Kota Bukittinggi berkempatan untuk langsung mengunjungi lokasi kios dan berdialog dengan pemilik kios dan pada sambutannya Ramlan menghimbau segenap pedagang untuk selalu menjaga kebersihan area Ngarai serta menjaga dengan baik semua fasilitas serta bantuan-bantuan yang telah di berikan melalui Program BUMN Hadir Untuk Negeri ini.

Firmasyah menambahkan, selain revitalisasi Kios Kuliner Program Sinergi BUMN Membangun Negeri di Ngarai Sianok juga melakukan pembangun pagar dan kanopi, gardu pandang, pembuatan tempat sampah, toilet, dan revitalisasi toko souvenir.

BNI Wilayah Padang dengan area kerja meliputi Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau tetap ber-komitmen untuk berperan aktif dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Seperti pembangunan rumah kreatif BNI yang merupakan wadah dalam melakukan pembinaan terhadapa UMKM di tanah air.

BNI mengajak mitra-mitra binaannya yang tergolong usaha kecil menengah untuk terlibat aktif di Rumah Kreatif Badan Usaha Milik Negara (RKB) yang salah satunya saat ini berada di Kota Padang dan Tanjung Balai Karimun.

Ia menjelaskan, hal ini merupakan dua dari 16 RKB yang dibangun oleh BNI di berbagai lokasi di Indonesia pada 2016 hingga 2017.

Mitra-mitra binaan yang aktif di RKB BNI akan mendapatkan pembinaan untuk mengembangkan diri sebagai bagian dari Digital Economy Ecosystem. Kapasitas para mitra binaan dalam mengembangkan peluang usaha melalui pasar digital atau e-commerce diharapkan dapat meningkat, dan menjadikan pelaku usaha ini menjadi UMKM Indonesia yang berkualitas.

"Untuk lebih melengkapi Kota Bukittinggi yang sama sama kita cinta menjadi daerah destinasi wisata terbaik, BNI juga akan melakukan pembangunan Gerbang Kota yang sebagai Jembatan Orang di pintu gerbang Kota Bukittinggi sehingga diharapkan dapat makin mempercantik Kota kita ini," ujarnya.*