Pemkab Jangkau Pelaku Jasa Pariwisata Melalui Komunitas

id Pariwisata, Pesisir Selatan, Mandeh

Pemkab Jangkau Pelaku Jasa Pariwisata Melalui Komunitas

Puncak Mandeh, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menjangkau pelaku jasa wisata melalui komunitas atau himpunan dalam memperkuat komunikasi seputar dunia kepariwisataan.

"Saat ini baru satu himpunan yang terbentuk yaitu Himpunan Pramuwisata Indonesia Pesisir Selatan. Kami mendorong pembentukan himpunan dan komunitas lainnya," kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Zefnihan di Painan, Jumat.

Ia menyebutkan dengan terbentuknya himpunan ataupun komunitas maka pemerintah kabupaten akan lebih mudah menyampaikan informasi ke pelaku jasa pariwisata tanpa harus mengorbankan banyak waktu dan biaya.

"Dengan adanya himpunan ataupun komunitas kami cukup menyampaikan informasi melalui perwakilannya seterusnya perwakilannya akan meneruskan ke rekan-rekannya," ujarnya.

Ia menilai, hal itu lebih efektif karena perwakilan dari sebuah komunitas atau himpunan akan lebih mudah menyampaikan informasi ke rekan-rekannya ketimbang dari individu luar.

Selain sebagai wadah menyampaikan informasi ia juga berharap keberadaan komunitas atau himpunan juga memberikan masukan seputar dunia kepariwisataan.

"Kedepan tidak hanya kami yang memberikan informasi namun sebaliknya komunitas atau himpunan juga kami beri ruang untuk menyampaikan informasi sehingga tiap permasalahan yang ada bisa dituntaskan secara bersama-sama," tambahnya.

Koordinator Forum Komunikasi Pengelola Home Stay Painan, Dena Sri Handayani mengatakan siap mendukung berbagai program yang diselenggarakan kabupaten.

Ia menyebutkan pemilik home stay yang tergabung di dalam Home Stay Painan tidak membolehkan tamu-tamunya berbuat maksiat seperti berzina, berjudi, meminum alkohol, menyalahgunakan narkoba dan lain sebagainya.

"Forum tinggal mendekatkan diri saja terkait rencana kabupaten menjangkau pelaku jasa pariwisata dan upaya tersebut kami apresiasi," katanya. (*)