Pesilat Pesisir Selatan Boyong Tiga Medali Kejurnas

id Pencak silat

Pesilat Pesisir Selatan Boyong Tiga Medali Kejurnas

Pencak silat. (Antara)

Painan, (Antara Sumbar) - Tiga atlet silat tapak suci asal Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) memboyong tiga medali pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Silat Tapak Suci Antar-Perguruan Tinggi di Jawa Tengah, pada 29 Maret-2 April 2017.

Pimpinan Daerah Pencak Silat Tapak Suci Pesisir Selatan, Syafridon di Painan, Selasa, mengatakan medali yang diboyong terdiri dua perunggu masing-masing pada kelas B berat 50 kilogram dan kelas D berat 60-65 kilogram serta satu perak dari kelas A berat 45 kilogram.

"Alhamdulillah ketiga atlet yang mengikuti kejuaraan masing-masing mendapat satu medali," kata Syafridon.

Ia menyebutkan, hal tersebut akan dijadikan motivasi untuk meraih prestasi pada masa-masa mendatang.

"Dengan segala kekurangan kami bisa membuktikan bahwa kita dari daerah tidak kalah bersaing dari atlet-atlet lainnya," katanya.

Ketua Harian IPSI Pesisir Selatan, Alzukri, menyebutkan sebelum berangkat terdapat 25 atlet yang ikut dalam proses penyeleksian.

"Setelah diseleksi akhirnya tiga atlet yang diputuskan untuk berangkat, mereka mewakili perguruan tapak suci Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Balai Selasa, Pesisir Selatan," ujarnya.

Ketua DPRD Pesisir Selatan, Dedi Rahmanto Putra, menyebutkan Perguruan Pencak Silat Tapak Suci Pesisir Selatan harus diapresiasi oleh berbagai pihak, karena tidak hanya mengharumkan nama kabupaten setempat di tingkat provinsi bahkan nasional.

"Mereka yang berprestasi didukung anggaran kabupaten harus diapresiasi, namun yang lebih harus lebih diapresiasi adalah mereka yang berprestasi tanpa dukungan anggaran kabupaten," kata dia. (*)