DPRD Padang Bentuk Pansus Bahas LKPJ Wali Kota

id DPRD Padang

DPRD Padang Bentuk Pansus Bahas LKPJ Wali Kota

Gedung DPRD Padang. (Int)

Padang, (Antara Sumbar) - DPRD Kota padang, Sumatera Barat (Sumbar) membentuk tiga Panitia khusus (Pansus) untuk membahas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) wali kota setempat tahun anggaran 2016.

"Guna pembahasan dan pendalaman LKPJ Wako tahun 2016, maka dari itu diperlukan penetapan Pansus I, II dan III," kata Sekretaris DPRD Kota Padang, Ali Basar dalam sidang paripurna di Padang, Senin.

Penetapan Pansus dalam rangka pembahasan LKPJ Wako tahun 2016 tersebut juga didasarkan pada rapat pimpinan dan fraksi-fraksi serta rapat Badan Musyawarah (Bamus) pada Rabu (15/3).

Ia menyebutkan, Pansus I membahas pendapatan dan pembiayaan, Pansus II membahas belanja tidak langusung, dan Pansus III membahas belanja langsung.

Adapun tugas pansus adalah melaksanakan pembahasan tentang pendapatan dan pembiayaan, belanja tidak langsung dan belanja langsung, kemudian melaksanakan dan mengeksplorasi hasil rapat kerja dengan pemko Padang.

"Serta bertanggung jawab dengan hasil pembahasan dan mengelompokkan hasil pembahasan kepada pimpinan DPRD kota Padang," katanya.

Terkait biaya yang timbul dari keputusan tersebut dibebankan pada APBD Padang tahun anggaran 2017.

Sementara Ketua DPRD Padang, Erisman mengatakan LKPJ Wako tahun 2016 akan dilakukan pembahasan serta evaluasi agar lebih baik di masa yang akan datang.

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengharapkan telaah dan tanggapan serta saran dari DPRD untuk pemerintahan yang lebih baik ke depannya, tentunya juga sebagai informasi laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah tahun anggaran 2016 ke masyarakat setempat.

Ia mengatakan tujuan penyampaian LKPJ tahun 2016 agar dapat dievaluasi oleh DPRD setempat terkait kelemahan-kelemahan dalam pelaksanaannya sehingga dapat lebih baik ke depannya. (*)