Akademi Warisan Malaysia Pelajari Budaya Tanah Datar

id rombongan malaysia, Akademi, Warisan, Malaysia

Akademi Warisan Malaysia Pelajari Budaya Tanah Datar

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi foto bersama dengan rombongan dosen dan mahasiswa Akademi Warisan Kebangsaan Malaysia didampingi Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Minangkabau Pagaruyung, Sultan Muhammad Taufiq Thaib Tuanku Maharajo Sakti, dan Ahli Waris Kerajaan Pagaruyung, Puti Reno Raudha Thaib Yang Dipertuan Gadih Pagaruyung, di Gedung Indojolito Batusangkar, Sabtu (1/4) malam (Antara Sumbar/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Mahasiswa Akademi Warisan Kebangsaan Malaysia melakukan studi banding ke Kabupaten Tanah Datar untuk mempelajari kesenian dan kebudayaan Minangkabau.

"Kami sangat senang berkunjung ke Tanah Datar, pemandangan alamnya memang indah, seni dan budayanyapun masih tetap terjaga dengan baik," kata Pimpinan Rombongan sekaligus Dosen Akademi Warisan Kebangsaan Malaysia, Zakaria Arifin di Batusangkar, Sabtu malam (1/4).

Dalam jamuan makan malam oleh Pemerintah Daerah itu, ia menjelaskan Akademi Warisan Kebangsaan Malaysia ini merupakan perguruan tinggi kesenian negeri di Malaysia yang telah menghasilkan banyak tokoh kesenian Malaysia.

"Kami sangat senang berada di Tanah Datar, semoga jalinan tali silaturahim ini tetap terjalin selamanya, apa yang didapat selama kunjungan ini khususnya bidang seni dan budaya dapat menambah wawasan kami," katanya.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi mengapresiasi kunjungan dosen dan mahasiswa AWK Malaysia ini untuk berbagi ilmu tentang kesenian dan kebudayaan kedua daerah.

"Semoga rombongan terkesan berada di Tanah Datar, namun jangan lupa juga mengunjungi Nagari Tuo Pariangan yang merupakan daerah asal orang Minangkabau dan beberapa waktu lalu dinobatkan sebagai salah satu daerah terindah di dunia," katanya.

Ia menjelaskan Tanah Datar memiliki 14 kecamatan dan 75 nagari dimana setiap nagari memiliki potensi wisata yang tak kalah indah dan menarik untuk dikunjungi, seperti Batu Angkek-Angkek, Puncak Pato dan objek wisata lainnya.

Ia juga mengharapkan tali silaturahim ini tetap terjaga dan terjalin dalam suasana kekeluargaan.

Turut hadir acara tersebut Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Minangkabau Pagaruyung, Sultan Muhammad Taufiq Thaib Tuanku Maharajo Sakti, Ahli Waris Kerajaan Pagaruyung, Puti Reno Raudha Thaib Yang Dipertuan Gadih Pagaruyung, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Mukhlis, Kepala Dinas Parpora Edisusanto, Kepala Kantor Kesbangpol Irwan, Kabag Humas Syahril dan tokoh masyarakat setempat. (*)