Dispora Sumbar Mulai Seleksi Paskibra

id Paskibra, Sumbar

Padang, (Antara Sumbar) - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mulai membuka pendaftaran untuk seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2017.

"Tahapan seleksi anggota Paskibraka ini sudah dimulai di tingkat Kabupaten/Kota, dan akan berakhir hingga 27 April 2017," kata Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Sumbar, Edwarsyah Ramli di Padang, Kamis.

Ia menjelaskan setiap daerah akan memberikan data peserta berjumlah empat sampai lima orang yang lolos seleksi dari masing-masing kabupaten dan kota untuk maju ke tingkat provinsi.

"Jumlah peserta yang ditetapkan pada setiap daerah bervariasi tergantung kepadatan siswa setempat," ujarnya.

Menurutnya setelah mendapatkan data peserta yang lolos seleksi daerah, kemudian dilaksanakan di tingkat provinsi pada 1 hingga 4 Mei 2017 dengan peserta sebanyak 100 siswa/siswi.

"Dari 100 peserta tersebut akan disaring kembali sehingga menjadi 56 orang, yang terdiri dari 29 puteri dan 27 putera," ujarnya.

Seleksi tingkat provinsi akan digelar di Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) Lubuk Lintah, Padang. Pihaknya juga akan memastikan pada tahap ini akan dilaksanakan sesuai prosedur tidak ada unsur kecurangan, karena nantinya dua siswa/siswi di kirim untuk mengikuti tingkat nasional.

"Tim seleksi juga sudah dipersiapkan demi menghindari tingkat kecurangan, seperti dari unsur TNI, Polri, Purna Paskibraka Indonesia, Dinas Kesehatan, dan Psikologi," katanya.

Ia mengharapkan pada seleksi di tingkat Kabupaten/Kota haruslah dilakukan secara terbuka dan tanpa ada kecurangan.

"Kami inginkan seleksi tingkat daerah ini di gelar secara terbuka, agar para siswa/siswi yang memenuhi syarat dapat ikut serta menjalani seleksi ini," ujarnya.

Jika seleksi dilakukan dengan jujur, ujar dia siapapun yang terpilih nanti merekalah yang mempunyai kualitas bagus. Jangan ada perbedaan antara pelajar dari sekolah tertentu dengan yang lain. (*)