20 Ruko di Pasar Lubuk Jambi Kuansing Terbakar

id pasar, terbakar, kuansing, riau

Ilustrasi - (FOTO ANTARA SUMBAR/Iggoy el Fitra)

Pekanbaru, (Antara Sumbar) - Sebanyak 20 unit rumah toko (ruko) dan 11 kios pakaian di Pasar Lubuk Jambi, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau terbakar.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun kerugian diperkirakan mencapai Rp1 miliar," kata Kepala Polres Kuantan Singingi (Kuansing) AKBP Dasuki Herlambang di Pekanbaru, Selasa.

Dasuki menjelaskan kebakaran hebat yang meratakan 20 unit ruko serta 11 kios pakaian terjadi pada Selasa dinihari sekitar pukul 02.45 WIB. Polisi hingga Selasa siang masih terus mendalami penyebab kebakaran tersebut.

Hasil pemeriksaan sementara, titik api diketahui berasal dari sebuah ruko kosong yang berisi bahan-bahan kelontong harian.

"Diduga api akibat korsleting listrik," jelasnya.

Sejumlah warga dan pedagang yang tinggal di sekitar pasar langsung berusaha melakukan pemadaman namun upaya tersebut tidak membuahkan hasil karena api terus membesar hingga membakar bangunan di sebelahnya.

Sehingga sejumlah warga yang dibantu oleh Polisi terus berusaha mengevakuasi barang-barang dagangan ke tempat yang selamat.

Satu jam pascakejadian, lima unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dari pemerintah Kabupaten Kuansing serta dua unit mobil Damkar bantuan dari Sijunjung, Sumatera Barat tiba untuk melakukan pemadaman.

Akan tetapi, api baru bisa dipadamkan sekitar satu jam kemudian saat mayoritas bangunan telah rata dengan tanah. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar