DKP Sosialisasikan Manfaat Keberagaman Makanan Kepada PKK

id sayuran

DKP Sosialisasikan Manfaat Keberagaman Makanan Kepada PKK

Ilustrasi - Sayuran. (Antara)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Sumatera Barat, menyosialisasikan manfaat keberagaman makanan kepada anggota pembinaan kesejahteraan keluarga (PKK) di Kota Pariaman.

"Sosialisasi ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga," kata Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan Sumbar, Buskar Zulmahdi di pada Orientasi Kelompok Kerja Tiga PKK Kota Pariaman di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan banyaknya penyakit yang sering dirasakan oleh manusia saat ini karena makanan, sebab kebutuhan gizi tidak lengkap.

Hal tersebut disebabkan oleh ketersediaan makanan yang dimakan manusia tidak mencukupi sehingga yang dimakan tidak beragam, katanya.

"Terlebih makanan seperti sayuran yang dimakan tersebut mengandung zat berbahaya seperti pestisida," ujarnya.

Bahkan makanan orang Indonesia sekarang cenderung memakan makanan yang berasal dari luar negeri yang berkemungkinan memiliki zat pengawet, kata dia.

Oleh karena itu ia mengajak anggota PKK untuk memakan makanan bervariasi dan memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam tanaman sayur dan buah.

Karena selain lingkungan dan makanannya sehat juga dapat menghemat pengeluaran keluarga sehingga uangnya dapat dibelikan ke jenis makanan lain.

Ia berharap dengan sosialisasi tersebut maka anggota PKK yang berada di setiap kecamatan juga menyosialisasikannya kepada masyarakat sehingga daerah warga daerah itu menjadi lebih sehat.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pariaman, Lucy Genius mengimbau kepada anggotanya agar mengurangi konsumsi nasi dan memperbanyak konsumsi lauk pauk yang beragam.

"Tubuh kita juga membutuhkan lauk pauk yang bervariasi guna mencukupi kebutuhan gizi," ujar dia.

Selain itu tubuh manusia juga membutuh sayuran, buah-buahan, dan susu karena dalam jumlah yang wajar kandungan gizinya dapat menjaga kesehatan manusia. (*)