Semen Padang Salurkan Pinjaman Bergulir Kepada UMKM

id semen padang

Semen Padang Salurkan Pinjaman Bergulir Kepada UMKM

Semen Padang. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - PT Semen Padang melalui Biro Corporate Social Responsibility (CSR) kembali menyalurkan pinjaman modal kepala pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sumatera Barat untuk menggerakan perekonomian daerah.

"Total pinjaman yang dikucurkan mencapai Rp2,6 miliar dengan jumlah penerima sebanyak 99 pelaku UMKM yang sebelumnya telah mengajukan proposal pinjaman kepada Biro CSR Semen Padang dan menjadi binaan," kata Kepala Biro CSR PT Semen Padang, Dasril di Padang, Kamis.

Ia menyebutkan sebanyak 99 pelaku UMKM tersebut ada yang sudah tiga kali menerima pinjaman modal usaha dari CSR, dan ada juga yang baru pertama kali.

"Untuk yang sudah tiga kali, besaran yang diterima cukup besar, bahkan, ada yang menerima pinjaman lebih dari Rp50 juta," katanya.

"Pelaku UMKM yang menerima lebih dari Rp50 juta itu, merupakan UMKM binaan yang usahanya sudah berkembang berkat pinjaman dari CSR Semen Padang sebelumnya," lanjut Dasril.

Di samping menyalurkan pinjaman modal usaha kepada pelaku UMKM yang menjadi mitra binaan, CSR Semen Padang juga rutin melakukan kunjungan ke semua mitra binaan dengan tujuan, untuk mengetahui apakah ada kendala yang dialami mitra binaan dalam mengembangan usahanya.

"Kalau ada kendala kami carikan solusinya. Artinya, tidak hanya menyalurkan pinjaman modal usaha, tapi juga membantu para mitra binaan untuk mengembangkan usahanya," kata dia.

Lebih lanjut, ia memaparkan pinjaman modal usaha yang dikucurkan merupakan Program Kemitraan yang sudah berjalan sejak 1987. Hingga 2016 total pinjaman yang sudah disalurkan CSR Semen Padang mencapai Rp112 miliar.

"Pinjaman tersebut diterima oleh 6.466 pelaku UMKM di Sumbar yang berasal dari berbagai sektor usaha seperti peternakan, pertanian, usaha bangunan, konveksi dan lain sebagainya," kata dia.

Sementara itu, salah seorang mitra binaan CSR Semen Padang Syamsir mengatakan pinjaman modal usaha dari Semen Padang melalui CSR cukup membantu dalam mengembangkan usaha depot air minumnya yang beralamat di Jalan Ampera, Kecamatan Lubuk Begalung, Padang.

"Sekarang depot air saya sudah berkembang. Ini berkat pinjaman modal usaha dari CSR Semen Padang," kata pria yang sudah tiga kali menerima pinjaman modal usaha dari CSR Semen Padang.

"Pinjaman kali ini yang ketiga jumlahnya Rp50 juta, akan saya manfaatkan untuk menambah jumlah galon dan kebutuhan depot lainnya," ujarnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Yuli Masral (40). Pengusaha material bangunan yang tinggal di Koto Lalang, Kecamatan Lubuk Kilangan itu menyebut pinjaman bergulir dari CSR Semen Padang menguntungkan, karena bunga per bulan jauh lebih kecil dari pinjaman lainnya.

"Bunganya hanya 0,35 persen per bulan, dan jauh lebih kecil dibandingkan pinjaman lainnya," ujar dia. (*)