Menpupera Pastikan Wisma Atlet Kemayoran Selesai Agustus

id Menpupera, Basuki Hadimuljono

Menpupera Pastikan Wisma Atlet Kemayoran Selesai Agustus

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeljono.

Jakarta, (Antara Sumbar) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono memastikan pembangunan 10 Wisma Atlet Asian Games XVIII di Kemayoran, Jakarta akan selesai seluruhnya pada Agustus.

"Rumah susun tingkat tinggi dengan 18 lantai akan selesai pada Juni. Sedangkan rusun dengan 24 lantai pada Juli. Kemudian, rusun dengan 32 lantai akan selesai pada Agustus," kata Menteri PUPR Basuki dalam siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Kamis.

Tahapan konstruksi rusun yang akan ditempati para atlet dan jurnalis Asian Games 2018 itu secara keseluruhan telah mencapai 66 persen, pada Rabu (22/3).

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin meminta para kontraktor untuk bekerja lebih cepat dengan tetap memperhatikan kualitas pekerjaan.

"Pembangunan sudah sesuai jadwal bahkan lebih dua persen. Kami juga sedang memproses pengadaan perabotan seperti meja, kursi, dan tempat tidur," kata Syarif.

Syarif mengatakan proses pengadaan perabotan akan selesai dalam waktu yang sama dengan pembangunan wisma atlet. "Pekan ini kami akan mengumumkan pemenang pengadaan karena sekarang masih dalam proses," katanya.

Wisma Atlet Kemayoran terdiri dari 10 rusun. Tiga rusun dibangun di Blok C2 dengan kapasitas 1.932 unit hunian. Sedangkan tujuh menara berada di Blok D10 dengan kapasitas 5.496 unit hunian.

Sementara Wisma Atlet Jakabaring di Palembang terdiri dari dua rusun dengan masing-masing lima lantai. Wisma Atlet Jakabaring akan selesai pada akhir Maret 2017.

Pada Senin (6/3), Wakil Presiden Kehormatan Dewan Olimpiade Asia (OCA) Wei Jizhong bersama sejumlah perwakilan OCA mengunjungi gelanggang velodrom di Rawamangun dan equestrian di Pulomas Jakarta.

Perwakilan OCA optimistis pembangunan sejumlah arena dan infrastruktur lain pendukung Asian Games 2018 dapat selesai tepat waktu.

Pada Januari, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan pembangunan Wisma Atlet Kemayoran dan Wisma Atlet Jakabaring akan selesai pada Juli 2017 menyusul penyelenggaraan ajang uji coba Asian Games pada November-Desember 2017.

Puan mengatakan wisma atlet itu akan beralih fungsi menjadi rumah susun sederhana sewa selepas penyelenggaraan Asian Games karena pembangunan wisma atlet itu berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. (*)