Kesbangpol Dorong Pelajar Pahami Nilai Pancasila

id Pancasila, Kesbangpol

Painan, (Antara Sumbar) - Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mendorong pelajar di daerah itu memahami serta mengamalkan nilai Pancasila.

"Nilai yang terdapat pada Pancasila perlahan mulai pudar namun ini menjadi cambuk bagi generasi saat ini untuk kembali memahami serta mengamalkannya," kata Kepala Bagian Kesbangpol Pesisir Selatan, Dailipal usai kegiatan Sosialiasi Penguatan Wawasan Kebangsaan Bagi Generasi Muda dan Siswa Se-Pesisir Selatan di Painan, Selasa.

Pada kesempatan itu ia menekankan bahwa Pancasila sebagai dasar negara memiliki peran yang kuat serta menjadi landasan kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Poin-poin pada Pancasila jelas dan generasi muda mesti mengikutinya sehingga cinta tanah air dan bangsa terus terpatri di era globalisasi ini," kata dia.

Pada kesempatan itu hadir Kepala Kesbangpol Sumbar, Nazwir Asisten Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah Pesisir Selatan, Gunawan dan pejabat lainnya.

Menurut Gunawan, generasi muda yang merupakan penerus tongkat estafet pembangunan bangsa harus mampu membentengi diri terhadap hal-hal negatif yang berpotensi memecah belah persatuan bangsa.

"Ini harus jadi catatan, terutama semangat cinta tanah harus terus digalakkan melalui kegiatan yang positif seperti meningkatkan prestasi, membudayakan gotong royong, peduli sesama dan lainnya," ujarnya.

Ia menyebutkan persaingan antar generasi muda ataupun pelajar merupakan hal wajar namun harus secara sehat dan jauhi provokasi.

"Persaingan akan menciptakan inovasi serta karya-karya yang handal namun ingat persatuan dan kesatuan mutlak diutamakan," katanya.

Salah seorang peserta, M. Sidiq mengaku banyak mendapatkan pengalaman tambahan, ia berharap kegiatan serupa terus digelar untuk memupuk rasa cinta terhadap bangsa dan negara. (*)