Pemkab Padangpariaman Terus Evaluasi Kinerja Kepala OPD

id Evaluasi, Kinerja, OPD

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padangpariaman, Sumatera Barat akan terus mengevaluasi kinerja kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di daerah itu guna melihat terpenuhnya pelayanan terhadap masyarakat.

"Evaluasi kenerja kami lakukan setiap bulan dan bahkan 15 hari sekali," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Padangpariaman, Jonpriadi di Parit Malintang, Senin.

Ia mengatakan evaluasi tersebut dilakukan untuk melihat pencapaian realisasi program dan anggaran sebagai representasi dari aktivitas OPD dalam melayani masyarakat.

"Semakin cepat realisasi program dan anggaran maka masyarakat akan lebih cepat merasakan manfaatnya," katanya.

Ia menjelaskan evaluasi yang dilakukan kepada kepala OPD tersebut karena masyarakat menilai kinerja pemerintah daerah dilihat dari OPD.

Bahkan apabila kepala OPD tidak lolos pada evaluasi enam bulanan atau tahunan maka pimpinan OPD tersebut akan diberhentikan.

Sebelumnya, Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni membentuk tim evaluasi kinerja kepala OPD di daerah itu guna melihat perkembangan pelayanan masyarakat.

Anggota tim evaluasi tersebut nantinya akan menyampaikan perkembangan kinerja pejabat kepada bupati dan Sekretaris Daerah.

"Apabila tidak ada perubahan selama enam bulan maka jabatannya akan digantikan oleh orang lain," kata Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni di Parit Malintang, Kamis (12/1).

Hal tersebut telah ia konsultasikan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta Komisi Aparatur Sipil Negara, ujar dia. (*)