SPFC Tanggapi Ringan Tentang "Marquee Player"

id Semen Padang FC, Pemain, Top, Dunia

Pelatih Semen Padang FC, Nil Maizar, bersama timnya saat "Launching" Tim dan Jersey Semen Padang FC, di GOR H Agus Salim Padang, Sumatera Barat. (ANTARA SUMBAR/Iggoy el Fitra)

Padang, (Antara Sumbar) - Semen Padang Football Club menanggapi ringan tentang adanya peraturan PSSI pusat memperbolehkan merekrut pemain top dunia atau marquee playeruntuk setiap tim yang akan mengarungi Liga 1 pada 15 April 2017.

"Semen Padang mungkin saja mendatangkan seorang mega bintang seperti yang dilakukan tim lainnya yang telah terlebih dulu merekrut mereka, namun semua harus ada pertimbangan yang jelas karena ini menyangkut anggaran tim," kata Manajer SPFC, Win Bernard Dino di Padang, Minggu.

Ia menjelaskan jika memungkinkan untuk mengontrak "marquee player", Semen Padang akan melakukan hal itu, namun saat ini kondisi keuangan tim tidak begitu baik.

Lebih lanjut ia menyebutkan, untuk mendatangkan seorang pemain bintang akan memerlukan dana yang tidak sedikit.

Ia melanjutkan, ditambah "marquee player" mempunyai beberapa syarat, seperti pernah bermain di salah satu Piala Dunia di tiga edisi terakhir dan pemain yang bersangkutan juga masih berusia di bawah 35 tahun.

"Aturan untuk bisa mendatangkan 'marquee player' itu cukup ketat. Tapi, semua tidak ada yang tidak mungkin," ujarnya.

Adapun "marquee player" adalah pesepak bola asing yang dianggap berkelas dunia. Menurut peraturan PSSI di Liga 1, pemain itu harus berumur di bawah 35 tahun, pernah bermain setidaknya di tiga putaran Piala Dunia terakhir (untuk hal ini pada tahun 2006, 2010 dan 2014) dan bisa berasal dari negara mana saja.

Salah satu "marquee player" yang sudah mengonfirmasi kepastian bermain di Liga 1 adalah Michael Essien yang telah dikontrak Persib Bandung.

Dengan adanya "marquee player" di tim, jadi sebuah klub bisa memiliki empat pemain asing, di luar aturan dua plus satu.

Untuk dua plus satu, yakni setiap klub hanya boleh mengontrak maksimal tiga pemain asing, di mana dua merupakan pemain non-Asia dan satu pemain Asia.

Sementara itu, untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2017, tim "Kabau Sirah" baru memastikan kontrak dua penggawa asing asal Brazil, yaitu Cassio Fransisco de Jessus dan penyerang Marcel Silva Sacramento.

Sedangkan pemain Asia asal Korea Selatan Ko Jae Sung yang sebelumnya disebut-sebut bakal segera di kontrak, sampai saat ini belum kembali ke Padang. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar