Bupati : Tiga Wali Nagari Diperiksa Diduga Korupsi

id Korupsi

Bupati : Tiga Wali Nagari Diperiksa Diduga Korupsi

()

Painan, (Antara Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), Hendrajoni menyebutkan tiga wali nagari (kepala desa adat) pada daerah setempat sedang menjalani pemeriksaan karena dugaan korupsi.

"Tahap sementara pemeriksaan dilaksanakan inspektorat daerah dan selanjutnya jika dugaan tersebut menguat maka akan diserahkan ke pihak berwajib," katanya di Painan, Sabtu.

Ia menambahkan sebelumnya kasus serupa juga dialami salah seorang wali nagari di daerah itu, bahkan untuk kepentingan pemeriksaan yang bersangkutan harus dinonaktifkan sementara.

Setelah dilakukan pemeriksaan tidak ditemukan adanya penyimpangan keuangan negara dan wali nagari itu diaktifkan kembali.

Bupati mengimbau wali nagari menjadikan hal tersebut pelajaran sehingga kejadian serupa tidak terjadi apalagi sampai mengantarkannya ke dalam penjara.

"Uang yang dikelola oleh masing-masing nagari cukup besar namun tidak boleh terlena, bagaimanapun itu uang negara yang harus diperuntukkan dengan sesuai," ujarnya.

Ia melanjutkan, wali nagari merupakan aparatur pemerintah yang paling dekat dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Sudah seharusnya bersikap secara baik dan terpuji.

Camat Sutera, Fachruddin mengaku pada beberapa kesempatan terus mengingatkan wali nagari dalam penggunaan anggaran.

"Hal tersebut terus kami tekankan, jangan karena anggaran besar akhirnya digunakan dengan ceroboh," kata dia.

Masyarakat setempat, Ali Amran mendorong pengawasan penggunaan anggaran di nagari diperketat sehingga berbagai bentuk kesalahan bisa diminimalkan. (*)