Kepala Madrasah Ibtidaiyah Diminta Tingkatkan Kualitas Pendidikan

id musyawarah MI, Tanah Datar

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumbar, Artis Arjun membuka Musyawarah Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MK2MI ) se-Sumbar di MIN Sungai Tarab, Tanah Datar, Selasa (14/3). (Antara Sumbar/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sumatera Barat mengharapkan para kepala madrasah ibtidaiyah (MI) di daerah itu untuk membuat terobosan dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

"Kami meminta para kepala madrasah ibtidaiyah dapat melahirkan terobosan-terobosan baru dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan saling bertukar informasi untuk kemajuan madrasah," kata Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumbar, Artis Arjun saat membuka Musyawarah Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MK2MI ) se-Sumbar di MIN Sungai Tarab, Tanah Datar, Selasa.

Ia menyampaikan hal itu sesuai dengan tujuan pendidikan nasional untuk meningkatkan kecerdasan Bangsa Indonesia sehingga menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

"Sampai saat ini, khususnya madrasah ibtidaiyah masih memberlakukan kurikulum sekolah, untuk itu kita harus wajib mengikutinya dengan baik," katanya.

Ia menjelaskan sudah banyak prestasi MI yang diraih di tingkat Sumbar seperti juara I Sekolah Sehat, hasil dari pembelajaran juara I kategori diraih MAN Insan Cendikia Sumbar.

"Kemudian, MAN Koto Baru, Padang Panjang, pada tahun 2017 banyak siswanya yang diterima di perguruan tinggi terkenal tanpa tes," katanya.

Pada kesempatan itu, ia mengingatkan kepada para kepala MI yang menggunakan dana Dipa agar berhati-hati dalam melakukan pencairan anggaran dan harus sesuai regulasinya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Tanah Datar, Syamsul Arifin memberikan apresiasi kepada Ketua MK2MI Afrizal dan Kepala MIN Sungai Tarab, Syafrudin atas terselenggaranya kegiatan musyawarah kerja ini di Tanah Datar.

"Selama kegiatan musyawarah ini kita minta para kepala MI untuk saling tukar informasi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan madrasah di Sumbar," katanya.

Staf Ahli Bupati Tanah Datar, Imran mengatakan keberadaan madrasah di daerah ini sangat pesat perkembangannya dengan melihat banyaknya orangtua siswa memasukan anaknya ke madrasah.

"Kita mengajak kepala madrasah untuk memberikan bimbingan kepada siswa agar tidak terlibat dengan penyalahgunaan Narkoba, tindak asusila dan kejahatan lainnya," katanya.

Pemkab Tanah Datar juga meminta jajaran Kemenag untuk meningkatkan program Magrib Mengaji dari dan Shalat Subuh Berjamaah di tengah masyarakat. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar