Wagub Ucapkan Terima Kasih untuk Bantuan Banjir

id Nasrul Abit, Banjir, Limapuluh Kota

Wagub Ucapkan Terima Kasih untuk Bantuan Banjir

(ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi)

Padang, (Antara Sumbar) - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah peduli terhadap korban bencana banjir di Kabupaten Limapuluh Kota dengan menyalurkan bantuan.

"Bantuan ini sangat berarti bagi masyarakat terdampak selama masa tanggap darurat. Kita sangat berterima kasih untuk ini," kata dia di Padang, Selasa.

Menurutnya sekarang masa tanggap darurat telah selesai dengan penanganan yang baik. Namun bantuan masih tetap mengalir datang.

"Kita tentu sangat mengapresiasi semua pihak yang membantu. Tetapi saat ini kebutuhan masyarakat yang mendesak bukan lagi logistik, tetapi peralatan pendidikan untuk anak-anak sekolah," ujar dia.

Ia berharap pihak-pihak yang masih bersedia mengucurkan bantuan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan seperti peralatan sekolah, pakaian sekolah, buku pelajaran dan buku tulis.

"Sebentar lagi sudah masuk masa ujian, sementara peralatan sekolah anak-anak sudah habis disapu banjir, karena itu mari arahkan bantuan untuk kebutuhan pendidikan ini," katanya.

Banjir dan longsor terjadi di Kabupaten Limapuluh Kota pada Kamis (2/3) malam mengakibatkan ribuan rumah terendam, akses jalan terputus dan sejumlah daerah terisolasi.

Basarnas dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menurunkan helikopter untuk memasok bantuan ke daerah terisolasi tersebut.

BNPB merilis kerugian akibat bencana banjir dan longsor tersebut mencapai Rp14 miliar.

Bencana banjir dan longsor tersebut menelan delapan korban jiwa, enam akibat tanah longsor, dua orang korban banjir meninggal, serta dua korban luka berat. (*)