PAN Sawahlunto Bertekad Menangkan Pemilu 2019

id #PAN Sawahlunto

PAN Sawahlunto Bertekad Menangkan Pemilu 2019

Suasana pelantikan pengurus DPD PAN Sawahlunto yang dipusatkan di Aula Pertemuan Hotel Ombilin dan dihadiri unsur pengurus DPW Partai itu beserta ratusan pengurus tingkat cabang dan ranting.FOTO antarasumbar.com/16. (Rully Firmansyah)

Sawahlunto, (Antara) - Jajaran pengurus DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, bertekad untuk memenangkan Pemilu 2019.

Ketua DPD PAN Sawahlunto, Deri Asta SH, mengatakan hingga saat ini pihaknya tengah mempersiapkan kader terbaiknya untuk menghadapi dua agenda demokrasi yang akan berlangsung di kota itu dalam waktu dekat ini,

"Sawahlunto akan menggelar pilkada pada 2018 dan setahun berikutnya proses Pemilu pun berlangsung sehingga perlu dilakukan persiapan menyeluruh dalam memenangkan dua kontestasi tersebut," kata dia, di Sawahlunto, Senin.

Menurutnya, meskipun saat ini partai tersebut hanya memiliki dua kursi di DPRD setempat, namun secara perolehan suara dan sebarannya terus mengalami peningkatan.

Hal itu cukup menandakan terus terjadi penguatan basis pengkaderan pada setiap tingkatan pengurus, dengan pemetaan perolehan suara lebih didominasi oleh masyarakat menengah kebawah.

"Penguatan itu juga terlihat dari keberhasilan partai menyelenggarakan sebanyak tiga musyawarah tingkat cabang dan 37 ranting, meskipun belum dilantik secara resmi," ujarnya.

Dia mengatakan, kondisi itu telah memberikan gambaran kondusifnya suhu politik pada tingkat internal partai itu, sebagai upaya mewujudkan "Politik Tanpa Gaduh" yang menjadi agenda pihak DPP PAN untuk seluruh wilayah Indonesia.

Terkait target partai itu pada Pemilu 2019, ia mengungkapkan saat ini pihaknya terus menggalang dukungan untuk menambah satu kursi legislatif di kota itu.

"Kami yakin target perolehan itu bisa dicapai dengan modal kekompakan serta kegigihan pengurus bersama kader dan simpatisan partai," tegas dia.

Sementara itu, Ketua DPD PAN Sumatera Barat, Ali Mukhni, dalam sambutannya pada kegiatan itu mengimbau seluruh kader PAN untuk segera membangun komunikasi dan konsolidasi dengan semua pihak.

"Ada daerah kabupaten dan kota di Sumbar yang akan melalui proses pilkada serentak pada 2018, kami berharap semuanya bisa dimenangkan oleh PAN," kata dia.

Khusus untuk Kota Sawahlunto, ia meminta jajaran pengurus DPD PAN setempat agar segera melakukan survey baik terhadap pasangan calon yang akan diusung atau pun memilih partai politik lainnya yang akan menjadi mitra koalisi.

Menurutnya, pihak DPD PAN Sumbar telah menggariskan akan mengusung kader sendiri sepanjang ia memiliki daya saing untuk memenangkan pemilihan kepala daerah yang akan berlangsung.

"Kami juga tidak menutup diri bagi tokoh lainnya diluar partai untuk diusung, karena untuk memenangkan sebuah kontestasi politik membutuhkan kajian dan strategi yang tepat dengan figur yang memiliki daya jual yang tinggi dan diminati oleh pemilih," kata dia.***