Polda Tempatkan Satu Pleton Brimob di Dharmasraya

id Fakhrizal

Polda Tempatkan Satu Pleton Brimob di Dharmasraya

Kapolda Sumbar Brigjen Pol Fakhrizal. (Antara)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Kepolisan Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar), menempatkan satu pleton anggotanya untuk bermarkas di Mako Brimob Kabupaten Dharmasraya menyusul diresmikannya pemakaian Mako Brimob di daerah itu.

"Untuk tahap pertama sekitar 50 anggota atau satu pleton dulu, secara bertahap tentu akan ditambah " kata Kapolda Sumbar, Brigjen Pol Fakhrizal usai meresmikan pemakaian Mako Brimob Dharmasraya, di Pulau Punjung, Kamis.

Kapolda mengatakan Mako Brimob sengaja didirikan di Kabupaten Dharmasraya dengan tujuan dapat mengkaper daerah Kota Sawahlunto dan Kabupaten Sijunjung.

Menurut dia diresmikannya pemakaian Mako Brimob merupkan jawaban dalam upaya astisipasi keamanan jika sewaktu-waktu daerah tersebut membutuhkan pergeseran pasukan karena sesuatu hal.

"Selama ini setiap terjadi konflik pengiriman bantuan personel membutuhkan waktu lama untuk sampai ke tiga daerah ini, karena dikerahkan dari Markas Kota Padang dan Kota Padang Panjang," ujar dia.

Polda Sumbar sangat mengapresiasi pemerintah setempat yang telah menganggarkan dana serta menghibahkan lahan untuk pembangunan Markas Brimob di Dharmasraya, kata dia.

"Tanpa dukungan pemerintah daerah serta masyarakat, tentu pembagunan ini tidak dapat terlaksana," ujarnya.

Sementara itu Kapolres Dharmasraya, AKBP Lalu Muhammad Iwan Mahardan berharap dengan diresmikannya pemakaian Mako Brimob di Dharmasraya dapat meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Ia mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh dari Pemerintah Dharmasraya dalam menyelesaikan pembangunan Mako Brimob yang terletak di Nagari (desa adat) Koto Padang, Kecamatan Koto Baru itu.

Bupati Sutan Riska berharap dengan kunjungan kapolda ke Dharmasraya samakin menguatkan serta meningkatkan keamanan bagi masyarakat dari segala tindakan kriminal.

"Kami pemerintah daerah siap bekerjasama dan mendukung pihak kepolisian guna memastikan keamanan bagi masyarakat. Termasuk dalam mendukung penyelesaian Mako Brimob ini," ujarnya. (*)