Pemkab Agam Pasang Wifi Gratis Bagi Masyarakat

id Internet, Gratis, Agam

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada 2017 bakal memasang wifi atau internet gratis bagi masyarakat diempat titik di daerah itu.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Agam, Fauzan Helmi Hutasuhut di Lubuk Basung, Rabu, mengatakan empat titik wifi gratis itu dipasang di Kantor Bupati Agam, Pasar Impres Padang Baru Lubuk Basung, Masjid Nurul Falah Lubuk Basung dan Gor Rang Agam Lubuk Basung.

"Pemasangan wifi gratis ini akan dilakukan dalam waktu dekat setelah pihaknya menandatangani kerja sama dengan PT Telkom," ujarnya.

Layanan internet gratis itu akan dilengkapi sandi, agar masyarakat yang memanfaatkan wifi gratis bisa terpantau.

Selain itu, layanan tersebut juga dilengkapi dengan sistem internet sehat. Artinya, situs-situs porno secara otomatis akan diblokir agar tak bisa diakses masyarakat. Hal itu untuk menjaga moral dan akhlak generasi muda.

"Dengan pemasangan wifi gratis ini diharapkan masyarakat bisa mendapatkan informasi secara gratis, serta dapat menyampaikan informasi secara cepat dan online kapan saja," katanya.

Pemasangan wifi di empat titik ini merupakan tahap awal dan kemungkinan lokasi akan ditambah ke daerah lain.

"Untuk itu diharapkan juga bagi masyarakat yang hingga hari ini belum terlayani internet gratis agar dapat bersabar. Sebab ke depan pemerintah daerah akan mewujudkannya, hanya saja ini semua membutuhkan proses yang bertahap dalam pemasangannya," ujarnya.

Pemasangan wifi ini sekaligus menunjukkan keseriusan Agam untuk mewujudkan program smart regency atau kabupaten cerdas yang dimulai pada 2017.

Pada tahun ini, Agam juga melakukan pemilihan wali nagari secara e-voting atau secara elektronik.

"Kita berharap program smart regency ini berjalan dengan baik," katanya. (*)