Semen Padang Pulihkan Bencana Banjir di Limapuluhkota

id Bantuan, Banjir, Limapuluh Kota

Padang, (Antara Sumbar) - PT Semen Padang menyatakan kesiapan untuk membantu pemulihan setelah bencana banjir dan longsor yang terjadi di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat dengan menerjunkan tim relawan dan bantuan.

"Perusahaan akan mengerahkan seluruh kemampuan untuk membantu memulihkan kondisi setelah bencana mulai dari Tim Reaksi Cepat, tim medis, dan tim trabas untuk menelusuri lokasi yang sulit dijangkau," kata Direktur Utama PT Semen Padang, Benny Wendry di Padang, Selasa (7/3) usai menyerahkan bantuan 1.000 zak semen kepada Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi.

Ia mengaku secara pribadi telah meninjau langsung korban banjir dan longsor di Kabupaten Limapuluh Kota untuk melihat langsung kondisi yang ada.

Selain itu sejak Sabtu (4/3) relawan Semen Padang telah turun ke lokasi melakukan peninjauan, evakuasi korban, pembersihan longsoran, pembersihan fasilitas umum dan distribusi sembako.

Semen Padang mengerahkan satu unit mobil pemadam kebakaran, water tank, perahu karet, tenda posko, dua unit genset, dan pompa air, personel Tim Reaksi Cepat Semen Padang yang dikerahkan melaksanakan misi kemanusiaan berposko di Masjid Raya Pangkalan, katanya.

Selain itu melalui koordinasi dengan BPBD Kabupaten Limapuluh Kota, Semen Padang telah mendistribuskan sembako ke Kecamatan Kapur IX berupa beras 300 kilogram, mie instan 30 dus, air mineral 30 dus, ikan kaleng 100 kaleng, pembalut wanita dua dus, dan kue kering dua dus.

Aktivitas lainnya, mendistribusikan air bersih ke Jorong Pasa Usang, Lakuak Gadang, Masjid Raya Pangkalan, dan Camat Pangkalan di Nagari Pangkalan.

Relawan Semen Padang juga melakukan pembersihan sejumlah fasilitas umum, di antaranya, Mushalla Al Manaar 1 Jotong Koto Panjang, Mushalla Al Manaar 2 Jorong Koto Panjang, TK Qolbina Ikhlas di Masjid Al Ikhlas Jorong Sopang, dan MTSN Muhammadiyah Nagari Pangkalan.

Koordinator TRC Semen Padang Kiki Warlansyah mengatakan timnya akan berada di lokasi bencana hingga tiga hari setelah masa tanggap darurat ditetapkan.

Semen Padang menurunkan sebanyak 17 orang dari TRC Semen Padang, terdiri dari 12 tim advance dan evakuasi, serta empat tim supporting, ujarnya.

Sementara Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyatakan terimakasih atas bantuan dan kepedulian dari Semen Padang.

"Bantuan Semen Padang tepat, setelah ini kami akan disibukkan dengan pembangunan infrastruktur," katanya.

Irfendi mengatakan belum mendata nominal kerugian akibat bencana yang menelan korban jiwa ini. Sampai hari ini masih fokus kepada evakuasi korban, yang sebutnya, masih ada yang belum ditemukan di KM 17. (*)