Pemkab Mentawai Kembali Gelar Festival Pesona Mentawai

id Pesona, Mentawai

Mentawai, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) akan kembali menggelar Festival Pesona Mentawai yang dijadwalkan berlangsung pada Oktober 2017.

"Kami saat ini sedang melakukan persiapan awal, rencana Festival Pesona Mentawai akan kembali digelar pada Oktober 2017," kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Aban Bernabas di Tuapejat, Senin.

Ia menjelaskan, tempat penyelenggaraan event yang memadukan potensi wisata dan budaya dari "bumi sikerei" tersebut akan berbeda dibandingkan pada penyelenggaraan sebelumnya.

"Sebelumnya dilaksanakan di Pantai Mapadegat, tap tahun ini akan kami laksanakan di Pelabuhan Tuapejat," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengemukakan dipilihnya lokasi di pelabuhan tersebut, karena dinilai tempat itu menjadi pintu masuk seluruh pengunjung yang datang ke Mentawai.

Selain itu, lokasi tersebut juga lebih luas dan salah satu pusat keramaian.

Selain perubahan lokasi kegiatan, Aban mengatakan pada penyelenggaraan tahun ini pihaknya akan melakukan beberapa inovasi dan kolaborasi agar kegiatan itu lebih meriah dibandingkan tahun sebelumnya.

"Tentu pada penyelenggaraan Festival pesona Mentawai sebelumnya ada beberapa yang dievaluasi, hal itulah yang menjadi bekal untuk melakukan perubahan pada event berikutnya," tambahnya.

Sebagai salah satu sarana untuk mempromosikan potensi wisata dan budaya yang ada di Mentawai, Aban menjelaskan Festival Pesona Mentawai merupakan sarana yang strategis dan dapat mengundang pihak investor untuk ikut mengembangkan pariwisata Mentawai.

Ia menambahkan, Festival Pesona Mentawai saat ini sudah merupakan program yang juga berada dibawah bimbingan Kementrian Pariwisata (Kemenpar), dimana pada event sebelumnya kegiatan itu juga didukung oleh kementrian tersebut.

"Sekarang tinggal bagaimana masyarakat dan pihak-pihak swasta mendukung kegiatan itu agar dapat berlangsung dengan sukses dan tujuan dari kegiatan itu dapat tercapai," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar