Pemkot Solok akan Bangun GOR Berskala Nasional

id Gelanggang, Olahraga, Solok

Solok, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Solok, Sumatera Barat, akan membangun gelanggang olahraga (GOR) berskala nasional untuk memenuhi kebutuhan fasilitas masyarakat setempat.

"Kota Solok akan membangun GOR berskala nasional yang akan menampung hingga 23 ribu penonton di tribun," kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman setempat, Jaralis di Solok, Senin.

Ia menjelaskan bahwa GOR tersebut membutuhkan lokasi lahan setidaknya 20 hektare, karena akan dilengkapi fasilitas pendukung dan kantor Dinas Pemuda dan Olahraga dalam kompleks tersebut.

Sarana-sarana penunjang yang akan dibangun seperti lapangan basket, bola Voli, badminton, lintasan lari, kamar bilas untuk para atlet.

"Pembangunan GOR akan dilakukan di daerah Laing, sebab pemerataan pembangunan akan dipusatkan di utara Solok," katanya.

Ia menyebutkan bahwa pembangunan GOR membutuhkan dana anggaran mencapai Rp100 miliar lebih yang akan didanai dari APBD dan bantuan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pusat.

Dewasa ini sedang dibuat rencana induk pembangunan GOR yang dijadwalkan selesai pada April, lalu pada Mei hingga Agustus akan dimulai pembangunan yang dijadwalkan selesai dalam masa tiga tahun.

"Wali kota juga berencana membentuk klub sepakbola yang akan dibina dengan serius seiring dengan pembangunan GOR," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya GOR yang telah diimpikan masyarakat Solok, bisa membuat atlet daerah bisa berlatih dengan optimal sehingga bisa mewakili daerah dalam event-event olahraga.

Selain itu, masyarakat juga dapat menyalurkan hobi dalam olahraga sekaligus membentuk komunitas olahraga di Kota Solok yang akan memacu semangat sportivitas.

"Apalagi Kota Solok, merupakan tempat persinggahan dan transit beberapa daerah, sehingga kita juga bisa mengadakan berbaga iven olahraga atau menjadi tuan rumah," katanya. (*)