Menristekdikti Dorong PTS Percepat Akreditasi Institusi

id Menristekdikti, Mohamad Nasir

Padang, (Antara Sumbar) - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof Mohamad Nasir mendorong agar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia untuk mempercepat proses akreditasi institusi.

"Sudah ada peraturannya semua perguruan tinggi harus diakreditasi. Jika belum, tidak bisa meluluskan mahasiswa," katanya, saat berpidato dalam pertemuan dengan 244 PTS Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau di Kantor Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) X di Padang, Rabu.

Dia mengatakan bagi PTS yang dinilai lemah bisa melakukan penggabungan atau merger untuk lebih kuat kemudian mengurus akreditasinya.

Kemudian bagi yang merasa telah kuat tinggal saja menaikkan level akreditasinya.

"PTS yang belum segera akreditasi, Yang C segera ke B, kemudian B ke A dan A bisa internasional," katanya.

Dia mencontohkan di PTS wilayah X, Sekolah tinggi atau akademi yang belum memiliki akreditasi disarankan bergabung menjadi universitas atau lembaga di bawahnya.

Sedangkan beberapa yang besar seperti Universitas Putra Indonesia, Universitas Bung Hatta di Sumbar atau Universitas Lancang Kuning di Riau bisa meningkatkan akreditasi dari B menjadi A dan seterusnya.

"Di sinilah peran Kopertis untuk melakukan pendampingan kepada kampus untuk memperoleh akreditasi tersebut," kata dia.

Salah satu yang menjadi fokus kata dia, peningkatan kualitas sumber daya pengajar dan sarana infrastruktur.

Senada itu Koordinator Kopertis X Prof Herri mengimbau kepada PTS di bawah koordinasinya untuk secara lengkap melaporkan status dan keadaan kampusnya.

Dengan begitu kata dia, Kopertis bisa memetakan kebutuhan dari kampus yang ke depan akan disalurkan ke Kemenristekdikti. (*)