Agam Kukuhkan Satgas Saber Pungli

id Satgas, Saber, Pungli

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Bupati Agam, Sumatera Barat, Indra Catri mengukuhkan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) dalam mencegah pungutan liar di daerah itu.

Pengukuhan ini dilakukan setelah pelaksanaan upacara Hari Kesadaran Nasional 2017 di Lubuk Basung, Senin.

"Pembentukan Satgas Seber Pungli ini merupakan dasar dari pertimbangan lahirnya Pepres RI No 87 tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar," kata Bupati.

Ia menjelaskan pembentukan Satgas Saber Pungli ini untuk menciptakan ketentraman masyarakat dari pungutan liar, membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungutan liar.

Selain itu, untuk menjadikan proses pelayanan publik bersih dari paktek pungutan liar.

"Saya mengimbau kepada seluruh aparatur pemerintah untuk menghentikan pungutan liar dan masyarakat juga menghentikan pemberian. Laksanakan pelayanan publik sesuai standar operasional prosedur yang berlaku," katanya.

Ke depan, ujarnya upaya pencegahan lebih diutamakan dibandingkan penindakan dengan cara memberikan sosialisasi, evaluasi standar operasional prosedur pelayanan publik setiap satuan kerja dan mendorong keterbukaan informasi publik lebih baik lagi.

Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Agam, Kompol Suhadi mengatakan upaya pemberantasan pungutan liar difokuskan pada penyuluhan di instansi, pelayanan publik dan areal perizinan.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada instansi dan masyarakat.

Setelah itu, akan melakukan penindakan kepada mereka terlibat pungutan liar itu.

"Dengan cara ini, maka Agam bebas dari pungutan liar," katanya. (*)