Polda Sumbar Bentuk Bhabinkamtibmas Perairan

id Kapal Patroli, Bhabinkamtibmas

Polda Sumbar Bentuk Bhabinkamtibmas Perairan

Ilustrasi. (ANTARA FOTO)

Padang, (Antara Sumbar) - Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Sumbar) membentuk Bintara Pembina Kemanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Perairan untuk menjaga keamanan masyarakat yang berada di pulau-pulau di provinsi itu.

"Kami masih melakukan uji coba terlebih dahulu dengan menempatkan seorang Bhabinkamtibmas Perairan di Pulau Sungai Pinang Kabupaten Pesisir Selatan," kata Wakil Direktur Direktorat Polisi Perairan Polda Sumbar, AKBP Azaz Siagian di Padang, Kamis.

Ia menerangkan pihaknya kini telah membentuk posko di pulau tersebut. Kemungkinan beberapa waktu pihaknya akan menyebar petugas di pulau-pulau berpenghuni lainnya sebagai Bhabinkamtibmas Perairan.

"Kami akan segera berkoordinasi dengan Ditbinmas Polda Sumbar untuk menjalankan program ini," ujarnya.

Salah satu peran Bhabinkamtibmas Perairan nantinya adalah mendekatkan diri kepada masyarakat untuk menjalankan fungsi menjaga keamanan dan ketertiban.

"Satu kali dalam satu Minggu mereka harus menginap di pulau tersebut sebagai bentuk pendekatan kepada masyarakat," katanya.

Selain itu, ia mengatakan Bhabinkamtibmas perairan ini akan menjadi ujung tombak dalam menjaga keamanan di kawasan pesisir pantai di Sumbar.

"Banyaknya pulau serta jarak yang jauh tentu akan menjadi tantangan bagi kami dalam menjaga keamanan masyarakat," ujarnya.

Ia menyebutkan saat ini ada sekitar 228 pulau yang ada di kawasan Sumatera Barat. Luas perairan di Sumbar mencapai 186.500 kilometer persegi dengan pulau terluar bernama Pulau Sibaru dan Pulau Sinyau-nyau.

"Hingga saat ini ada sekitar 103 pulau yang belum memiliki nama berada di provinsi ini," katanya. (*)