Kemristekdikti Gelar Bimtek Silemkerma PTS DI Padang

id Kemristekdikti

Kemristekdikti Gelar Bimtek Silemkerma PTS DI Padang

Koordinator Kopertis Wilayah X Prof Dr Herri (Dok Antara Sumbar/M R Denya Utama) (antara)

Padang (Antara Sumbar) - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) RI menggelar Bimbingan teknis Sistem Informasi Kelembagaan Dan Kerja Sama (Silemkerma) kepada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) wilayah Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau pada 16 hingga 17 Februari 2017, di Padang.

"Kegiatan ini bertujuan memberikan pelatihan kepada pengelola kampus untuk mengembangkan institusi khususnya program studinya," kata Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) X wilayah Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau Prof Herri saat membuka acara yang diikuti oleh 100 orang peserta, Kamis.

Dia mengatakan kegiatan ini penting bagi PTS khususnya untuk menyelesaikan persoalan di kampus swasta seperti membuka prodi, menyelesaikan akreditasi dan sebagainya.

Selama ini kata dia, banyak permasalahan terjadi akibat tidak optimalnya kinerja kampus seperti kampus yang tidak berlegalitas tetap menerima mahasiswa yang kemudian mendapat sanksi.

"Kegiatan ini diharapkan menjadi salah satu upaya membuka aksesibilitas terkait pendidikan tinggi," ujar dia.

Bila diambil gambaran katanya, Angka Partisipasi Kasar (APK) atau partisipasi masyarakat usia 19 hingga 23 tahun yang ikut kuliah baru mencapai 30 persen dari jumlah yang mencapai puluhan juta orang.

Bila dibandingkan dengan Malaysia yang mencapai 70 persen, butuh tiga puluh tahun bagi Indonesia untuk mengejar prestasi tersebut dengan catatan negara tetangga tersebut tidak melakukan pengembangan.

Sosialiasi dan bimtek dari Kemristekdikti tersebut akan mengarah pada percepatan peningkatan APK, dengan catatan kualitas tetap ditingkatkan.

Sementara itu dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh 10 orang narasumber yang salah satunya merupakan perwakilan dari Kemristekdikti Ir Tato Setyarto dan beberapa staff lainnya.

Disamping itu hadir beberapa pimpinan PTS wilayah X dari Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau.

Adapun beberapa item yang dijabarkan dalam kegiatan ini mulai dari program studi, keuangan dan sistem informasinya. (*)