Agam Targetkan Seluruh Sekolah Miliki Sanggar Seni

id Sanggar Seni

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menargetkan seluruh SD, SMP, dan MTs di daerah ini memiliki sanggar seni untuk melestarikan kesenian Minangkabau.

"Beberapa tahun ke depan seluruh SD dengan jumlah 447 unit, SMP sebanyak 63 unit, dan MTs 58 unit harus memiliki sanggar seni," kata Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Agam Isra di Lubuk Basung, Kamis.

Untuk mencapai target ini, katanya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam menurunkan tim untuk melakukan pendataan ke seluruh sekolah yang memiliki sanggar seni.

Bagi sekolah yang tidak memiliki sanggar seni, tim akan menyosialisasikan kepada sekolah agar segera membentuknya.

Setelah itu, melakukan pembinaan kepada sanggar seni secara bertahap dengan melibatkan ASN di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, pengawas, kepala sekolah dan guru.

Sementara untuk pengadaan alat kesenian, pihak sekolah bisa menggunakan dana "block grant" atau bantuan dana dari pemerintah pusat.

Pembentukan sanggar seni setiap sekolah ini bertujuan agar siswa bisa mempelajari kesenian Minangkabau seperti, tari piriang, randai, tari payuang, talempong dan lainnya.

Dengan cara ini, tegasnya maka kesenian Minangkabau tetap lestari dan tidak hilang nantinya.

Ketua Komisi IV Bidang Pendidikan dan Kesra DPRD Agam, Syaflin mendukung dinas terkait untuk membuat sanggar seni setiap sekolah dalam melestarikan kesenian Minangkabau.

Namun pihaknya berharap tim untuk serius melakukan pembinaan ke setiap sekolah, agar target ini tercapai.

"Ini yang harus dilakukan agar beberapa tahun kedepan target ini akan tercapai," katanya. (*)