Maret, Kinerja Pejabat OPD Padang akan Dievaluasi

id pelantikan pejabat

Maret, Kinerja Pejabat OPD Padang akan Dievaluasi

(ANTARA SUMBAR/Wahdi Septiawan)

Padang, (Antara Sumbar) - Wali Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah mengatakan akan mengevaluasi kinerja pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada Maret 2017.

"Bila tiga bulan sejak pelantikan kinerja tidak memuaskan akan kami ganti dengan yang berkompetensi," katanya dikonfirmasi di Padang, Rabu.

Dia menjelaskan saat ini pihaknya secara ketat melakukan pengawasan terhadap kinerja pejabat tersebut, baik ke dalam mengorganisasi maupun ke luar dalam hal berkoordinasi.

Beberapa indikator utama dari kinerja ini antara lain kedisiplinan seperti kehadiran, transparansi laporan keuangan termasuk etikanya.

Selain itu, kata dia yang terpenting dari kinerja itu mampu menjaga loyalitas dan integritas pada pemerintahan.

"Bila tidak mampu memenuhi, akan diberikan pada yang mampu," kata dia.

Untuk itu Wali Kota meminta kepada pegawainya untuk bekerja secara ikhlas khususnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Bagusnya pelayanan juga sebagai indikator baiknya kinerja," kata dia.

Sebagai gambaran, katanya pihaknya telah melantik sebanyak 1.400 lebih pejabat eselon yang diantaranya 33 pejabat eselon II.

"Kesemua pejabat tersebut mungkin saja akan bertukar atau berhenti," kata dia.

Sementara itu pengamat bidang politik pemerintahan dari Universitas Andalas Padang, Dr Asrinaldi mengatakan pengawasan terkait kinerja harus dilakukan dari elemen paling bawah pemerintahan seperti kelurahan.

Sebab, katanya banyak pegawai atau pejabat di kelurahan tidak melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

Secara berjenjang terus hingga atasnya, sehingga pengawasan dan evaluasi lebih menyeluruh. (*)