Festival Nan Jombang Tanggal Tigo Kebali Digelar

id Festival Nan Jombang

Padang, (Antara Sumbar) - Festival kesenian tradisional Nan Jombang Tanggal Tigo yang dikelola Komunitas Galmbang Minangkabau kembali digelar di Ladang Tari Nan Jimbang Balai Bru Padang, Sumatera Barat pada Jumat malam.

Direktur Festival, Angga Djamar di Padang, Jumat, mengatakan selain dari penampilan kesenian randai dari Grup Alang Bangkeh, pada pembukaan nanti mlam juga akan diadakan orasi kebudayaan.

"Sebagai pembuka rentetan kegiatan, acara dirancang sedikit berbeda dari sebelumnya, kali ini akan kita mulai dengan orasi kebudayaan, katanya.

Ia mengatakan orasi kebudayaan ini nantinya akan dilakukan oleh penyair dan esais yang selama ini berkiprah di Komunitas Kandang Pedati, Fariq Alfaruqi.

Orator sengaja dipilih dari kalangan muda agar ada ude-ide dan pikiran baru tentang kebudayaan Sumbar.

Agendanya sudah disusun setahun ini, oratir ditunjuk adalah yang anak muda, agar pikiran-pikiran baru dalam bidang kebudayaan terus muncul, katanya.

Ia menambahkan untuk tahun ini acara yang diusung Konunitas Galombang Minangkabau sudah mulai mendapat bantuan, yaitu dari Djarum Foundation.

"Sekalipun tahun lalu Djarum juga memberi bantuan, akan tetapi tahun ini mereka lebih peduli, selama enam bulan ke depan, penyelenggaraan sudah dibayai, kata dia.

Sementara itu Pimpinan Grup Alang Bangkeh, Gefnowati mengatakan pada pertunjukan malam nanti kelompoknya akan menampilkan randai Dengan ceritra Sabai Nan Aluih.

"Pada penampilan nanti, tepatnya ditengah permainan juga akan dimainkan Tari Piring," katanya. (*)