Wako Bukittinggi: WTN Motivasi untuk Pembenahan Lalu Lintas

id WTN

Wako Bukittinggi: WTN Motivasi untuk Pembenahan Lalu Lintas

Wali Kota Bukittinggi, M Ramlan Nurmatias (kiri) bersama Ketua DPRD setempat Beny Yusrial (kanan) mengangkat piala Wahana Tata Nugraha yang baru diraih daerah itu untuk kategori tertib lalu lintas dan tertib angkutan jalan, Rabu. (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Wali Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, M Ramlan Nurmatias mengatakan anugrah Wahana Tata Nugraha yang baru diraih daerah itu menjadi motivasi untuk terus membenahi lalu lintas menjadi lebih teratur.

"Bukittinggi menjadi salah satu daerah yang meraih penghargaan WTN. Ini sebuah kebanggaan dan menjadi motivasi serta evaluasi untuk terus membenahi perhubungan," katanya di Bukittinggi, Rabu.

Ia menerangkan bidang perhubungan merupakan salah satu bidang yang memerlukan perhatian serius dan penanganan cepat dari organisasi perangkat daerah (OPD) terkait serta pemangku kepentingan lain di samping bidang pariwisata, lingkungan hidup dan kebersihan, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dalam menjaga ketertiban umum.

Dengan pertumbuhan jumlah kendaraan roda empat dan dua mencapai 100 unit per bulan, ia menilai keadaan itu menunjukkan bahwa pemerintah daerah harus terus berinovasi menciptakan lalu lintas nyaman bagi pengendara.

Di samping itu, dengan panjang jalan dalam kota 196,8 kilometer didukung 459 rambu-rambu lalu lintas dan 539 unit angkutan yang melayani 24 trayek, pemerintah juga harus menjamin kenyamanan sarana transportasi untuk memudahkan akses masyarakat.

"Kami harap tahun ini Dinas Perhubungan Bukittinggi dapat berinovasi merekaya lalu lintas menjadi satu jalur sehingga saat terjadi kepadatan kendaraan di jalan, tidak menimbulkan kemacetan parah," ujarnya.

Terkait penghargaan WTN kategori tertib lalu lintas dan tertib angkutan jalan yang baru saja diraih, ia menyampaikan penghargaan itu dipersembahkan untuk masyarakat setempat karena kepatuhan dalam mendukung kenyamanan lalu lintas.

"Kami juga menyampaikan apresiasi kepada Polres Bukittinggi dan pemangku kepentingan lain dan diharapkan kerjasama ke depan lebih erat untuk mempertahankan penghargaan WTN," katanya.

Kapolres Bukittinggi, AKBP Arly Jembar Jumhana menilai WTN merupakan wujud masyarakat yang semakin sadar hukum dan tertib lalu lintas.

"Penghargaan tersebut juga sebagai bentuk terjalinnya sinergitas antara pemerintah daerah dan kepolisian. Kami berharap kerjasama ke depan lebih baik dan terus berinovasi menciptakan program-program untuk membentuk lalu lintas yang nyaman," katanya. (*)