Dinas PSDA: Empat Sungai Perlu Dinormalisasi

id normalisasi sungai

Dinas PSDA: Empat Sungai Perlu Dinormalisasi

Ilustrasi - Normalisasi sungai. (Antara)

Painan, (Antara Sumbar) - Dinas Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) mengatakan empat sungai di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), perlu dinormalisasi mengantisipasi peningkatan debit air yang dapat menyebabkan banjir.

Kepala Dinas Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) Pesisir Selatan, Doni Gusrizal, di Painan, Senin, mengatakan sungai tersebut adalah Sungai Batang Kapas, Sungai Batang Bayang, Sungai Batang Tapan dan Sungai Batang Lengayang.

Keempat sungai tersebut merupakan penyumbang banjir yang terjadi pada awal Januari 2017.

Selain dangkal pada keempat badan sungai juga terdapat banyak belokan atau tikungan sehingga jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi dalam hitungan jam air akan melimpah.

Untuk itu, selain dilakukan pengerukan juga dilakukan pemangkasan tikungan sungai.

"Kami telah membuat laporan tersebut ke PSDA Sumbar karena kewenangan normalisasi berada di sana," katanya.

Ia menyebut di daerah itu terdapat 27 sungai dan hanya 25 persen dalam keadaan baik.

Salah seorang warga Kampung Pulai, Lakitan Tengah, Nurdin (30) mengharapkan agar Sungai Batang Lakitan juga diprioritaskan untuk dinormalisasi mengingat debit air juga kerap melimpah.

Menurutnya jika hujan terjadi dengan intensitas tinggi maka air sungai akan menggenangi lahan pertanian, jalan penghubung antar kampung serta pemukiman warga.

"Harapan kami seperti itu, selain keempat sungai yang dimaksud sungai Batang Lakitan kami harap juga menjadi perhatian oleh pemerintah," kata dia. (*)