OSO: Revitalisasi Gebu Minang Dorong Kemajuan Bangsa

id Oesman Sapta Odang

OSO: Revitalisasi Gebu Minang Dorong Kemajuan Bangsa

Oesman Sapta Odang. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Revitalisasi di internal Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang (Gebu Minang) akan mendorong kemajuan bangsa Indonesia khususnya bidang ekonomi dan budaya karena akan fokus dalam menggerakkan sektor riil, kata Ketua Gebu Minang, Oesman Sapta Odang.

"Perlindungan terhadap masyarakat Minang di sektor perdangan akan membawa efek domino, karena sebagian besar usaha masyarakat Minang bergerak di sektor riil dan Usaha Kecil Menengah," kata Oesman Sapta Odang (OSO) dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Dia mencontohkan rumah makan Padang yang banyak menyerap tenaga kerja sehingga kalau diperhatikan secara serius maka pertumbuhan ekonomi akan terus meningkat.

Selain sektor ekonomi, menurut dia, sumbangsih masyarakat Minang di bidang politik dan kebudayaan juga tidak kalah besar.

"Karena itu keberadaan Gebu Minang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Minang dan Indonesia dalam melakukan pembangunan diberbagai sektor. Terlebih, visi dan misi Gebu Minang sejalan dengan visi dan misi Presiden Joko Widodo," ujarnya.

Wakil Ketua MPR itu juga menilai di era modern ini, strategi dan struktur organisasi yang jelas sangat dibutuhkan.

Selain itu menurut dia, kemampuan para anggota sangat dibutuhkan untuk memajukan organisasi, membangu sistem dan kecepatan dalam meraih target.

"Revitalisasi Gebu Minang akan menjadi road map organisasi kedaerahan di era modern," katanya.

Dia mengatakan, kepengurusan Gebu Minang periode 2016-2021 diisi oleh tokoh masyarakat Minang dari berbagai bidang.

Menurut dia, kepengurusan baru Gebu Minang menyatukan berbagai unsur partai politik dan organisasi yang menjadi sarana perjuangan dan pengabdian masyarakat Minang.

"Tim Formatur Mubes VI Gebu Minang telah merampungkan susunan kepengurusan. Pekan ini, Tim Formatur Mubes VI akan mendaftarkan kepengurusan Gebu Minang periode 2016-2021 ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kementerian Dalam Negeri," katanya.

OSO menjelaskan, di posisi wakil ketua umum dijabat Pak Fadli Zon (wakil Ketua DPR) dan Mulyadi (Ketua Komisi VII DPR).

Dia mengakui kepengurusan Gebu Minang periode 2016-2021 terdiri dari beragam latar belakang namun, semangat gotong royong dan keberaamaan di Gebu Minang menyatukan untuk berjuang bersama-sama.

Selain itu menurut dia, pengukuhan pengurus akan dilakukan secara terbuka agar eksistensi dan sumbangsih Gebu Minang disaksikan rakyat Indonesia. (*)