BPBD Lakukan Pencarian Penambang Emas Hanyut

id korban hanyut

BPBD Lakukan Pencarian Penambang Emas Hanyut

Ilustrasi orang tenggelam. (ANTARA) ( )

Padang Aro (Antara Sumbar) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat melakukan pencarian terhadap satu orang Penambang Emas yang hanyut yerbawa air bah di Batang Bangko Kecamatan Sangir.

"Petugas dan Basarnas masih menuju lokasi pencarian sebab medan yang dilewati cukup sulit serta jaringan selular juga tidak ada", Katab Kepala Bidan Pencegahan BPBD Solok Selatan, Rusdi Harmen saat dihubungi, Minggu.

Penambang emas yang hanyut adalah Anton (39) warga Jorong Taratak Nagari Lubuak Gadang Kecamatan Sangir.

Dia menjelaskan, kejadian terjadi pada Minggu dini hari saat rombongan penambang ingin pulang dan mobil pick up yang mereka tumpangi terbawa derasnya arus sungai Batang Bangko.

Karena panik katanya, penumpangnya melompat keluar mobil tetapi Anton diduga tidak bisa berenang sehingga terbawa arus sungai.

Sedangkan empat orang lagi kata dia, bisa menyelamatkan diri.

"Sekarang mobil tersebut masih berada didalam sungai dan petugas beserta masyarakat fokus pencarian korban," katanya.

Untuk menyeberangi Batang Bangko yang berada di Pamong memang harus masuk sungai karena tidak ada jembatan.

Selain itu akses ke lokasi juga sulit sebab jalan tanah dan terdapat tanjakan tinggi sehingga susah dilalui terutama saat basah.

Dia mengungkapkan, saat mobil berada ditengah sungai tiba-tiba air besar datang dan menyeret mobil yang ditumpangi.

Hujan yang mengguyur Solok Selatan pada Sabtu malam membuat debit air naik dan karena kondisi malam maka pengemudi dan penumpangnya tidak bisa melihat dengan jelas kondisi sungai. (*)