Distan Bentuk Tim Peternakan Terima Keluhan Masyarakat

id peternakan

Distan Bentuk Tim Peternakan Terima Keluhan Masyarakat

Ilustrasi, peternakan sapi. (Antara)

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Dinas Pertanian Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar) akan menyiapkan tim untuk menerima keluhan atau permasalahan masyarakat di bidang peternakan.

Kepala Dinas Pertanian Padang Panjang, Ade Nafrita di Padang Panjang, Jumat, mengatakan pembentukan tim dibidang peternakan itu merupakan program prioritas pada 2017.

"Tim akan menerima keluhan dari masyarakat terkait peternakan setiap hari," katanya.

Tim itu nantinya akan beroperasi kesetiap kelurahan setiap hari mengumpulkan keluahan masyarakat di bidang peternakan.

"Jika masalah ringan akan ditanggulangi langsung, namun jika tidak akan dicarikan solusinya oleh Pusat Kesehatan Hewan yang ada di Padang Panjang," katanya.

Tim itu beranggotakan sebanyak lima orang yang akan mengelilingi setiap kelurahan yang ada di Padang Panjang setiap hari, untuk menerima saran dan masukan serta keluhan dari masyarakat dibidang peternakan.

Program di bidang peternakan dalam memberikan kenyamanan kepada masyarakat, baik itu gangguan dari hewan maupun yang mendapatkan hasil sudah dilaksanakan selama ini, namun belum maksimal.

"Untuk kesehatan hewan dan mengantisipasi dampak buruk dari hewan peliharaan masyarakat seperti anjing, kucing, kera dan lainnya sudah dilakukan dengan memberikan vaksin, namun 2017 ini kami akan maksimalkan lagi," kata dia.

Tidak itu saja, tim itu nantinya juga akan melakukan pengembangan hewan seperti sapi perah dan sapi pedaging yang ada pada masyarakat.

"Itu merupakan pelayanan prima dari Pemkot Padang Panjang terhadap masyarakat dibidang peternakan," katanya.

Peternak sapi perah di Padang Panjang, Ridwan mendukung program dari Dinas Pertanian setempat, sehingga kendala dalam mengembangkan peternakan sapi perah bisa dicarikan solusinya.

"Tidak itu saja, hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan lainnya juga terhindar dari penyebab rabies karena sudah di vaksinasi oleh tim dari Dinas Pertanian," kata dia. (*)