BMKG Pastikan Gempa Tidak Berpotensi Tsunami

id #gempa

BMKG Pastikan Gempa  Tidak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi Gempa Bumi. ( streetroots.wordpress.com)

Padang, (Antara Sumbar ) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Padang Panjang, Sumatera Barat menyatakan gempa berkekuatan 5,5 Skala Richter yang terjadi pada pukul 18.28 WIB berpusat di Pesisir Selatan tidak berpotensi tsunami.

"Gempa dipastikan tidak berpotensi tsunami," kata Kepala BMKG Stasiun Padang Panjang, Rahmat Triyono saat dihubungi dari Padang, Senin.

Gempa tersebut terjadi pada posisi 1.69 Lintang Selatan, 100.31 Bujur Timur atau 64 kilometer Barat Laut Pesisir Selatan.

Lokasi tersebut tiga kilometer Barat Daya Padang, 103 kilometer Barat Daya Kabupaten Solok dan 107 kilometer Barat Daya Kota Solok serta 878 kilometer Barat Laut Jakarta.

Usai gempa berkedalaman 17 kilometer itu terjadi, terlihat sejumlah warga masih berada di luar ruangan dan memenuhi jalan khawatir terjadi gempa susulan.

Warga setempat Dini (25) di Padang mengatakan saat gempa terjadi dirinya sedang berada dalam ruangan kantor dan tiba-tiba ruangan berguncang seperti berayun.

"Ketika gempa terjadi saya mencoba untuk tenang, kemudian gempa semakin kuat dan langsung berlari ke luar," ujarnya.

Sementara usai terjadi gempa, arus lalu lintas di sejumlah jalan di Padang masih terlihat lancar dan tidak terjadi kemacetan yang berarti.