Bupati: Dirikan Posko Bantuan Dekat Lokasi Banjir

id Hendrajoni

Bupati: Dirikan Posko Bantuan Dekat Lokasi Banjir

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni. (Antara)

Painan, (Antara Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni menginstruksikan posko Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial didirikan di dekat lokasi banjir sehingga pelayanan pada korban bisa lebih cepat.

"Posko harus didirikan tidak jauh dari lokasi banjir sehingga korban banjir bisa langsung ditangani," kata dia ketika meninjau lokasi banjir di Kecamatan Batang Kapas, Jumat.

Posko tersebut menurutnya selain mendistribusikan bantuan juga untuk memastikan kesehatan warga yuang terdampak banjir.

"Tidak hanya logistik, kesehatan korban juga menjadi hal utama. Mari bergerak, beban yang berat akan ringan jika ditangani bersama-sama," katanya.

Ia menyebutkan khusus di Batang Kapas terdapat beberapa lokasi banjir, di antaranya Nagari (Desa Adat) IV Koto Mudiak, Sungai Nyalo, Taratak Tampatih dan Tuik.

"Kami cukup kesulitan menjangkau semua daerah, tetapi tim dengan perahu karet sudah dikerahkan untuk mengevakuasi korban banjir," ujarnya.

Ia mengimbau warga untuk saling bahu membahu memberikan bantuan dan terus memperkuat komunikasi dengan pemerintah kabupaten.

"Minimal terus berkomunikasi dengan wali nagari sehingga kami dari kabupaten bisa memantau perkembangan di lapangan," kata dia.

Selain di Batang Kapas beberapa kecamatan di Pesisir Selatan juga digenangi banjir di antarany Koto XI Tarusan, Bayang, Bayang Utara, Sutera dan Lengayang.

Banjir tersebut dipicu hujan yang terjadi sejak sepekan terakhir. Beberapa sungai tidak bisa menampung debit air yang terus meningkat. (*)