Lokasi Posko Tahun Baru di Agam

id perayaan tahun baru

Lokasi Posko Tahun Baru di Agam

(ANTARA SUMBAR/Wahdi Septiawan)

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, membentuk empat posko saat libur akhir tahun dalam menjaga keamanan ketentraman pengunjung dan masyarakat dari ancaman bencana alam.

"Keempat posko itu kita bentuk di objek wisata dan pusat keramaian pada Sabtu (31/12) sampai (2/1)," kata Kepala BPBD Agam, Bambang Warsito di Lubuk Basung, Rabu.

Empat posko tersebut berada di Objek Wisata Muko-muko Kecamatan Tanjung Raya, Objek Wisata Banda Gadang dan Pantai Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara.

Lalu, Sungai Tanang Kecamatan Ampek Koto, Biaro Kecamatan Ampek Angkek.

"Kami mengerahkan tiga sampai enam anggota Satgas dan tim reaksi cepat (TRC) di setiap pos. Mereka akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian, TNI dan Satpol PP yang sedang melakukan pengamanan saat libur akhir tahun," ujarnya.

Selain mengerahkan anggota, BPBD Agam juga menyiapkan perahu karet, mobil pemadam kebakaran, alat berat dan lainnya di lokasi itu.

"Khusus perahu karet akan kami siapkan di Bandar Mutiara, Pantai Tiku dan Muko-muko," tambahnya.

Menurutnya keberadaan posko ini untuk membantu pengunjung, pengguna jalan dan warga dari ancaman terseret arus, kebakaran dan tanah longsor.

Dengan cara ini, maka dapat meminimalisasi korban jiwa, harta dan lainnya.

"Anggota akan memberikan pertolongan apabila ada pengunjung tenggelam, badan jalan tertimbun longsor dan kebakaran," katanya.

Anggota DPRD Agam, Yuspidar mendukung BPBD membentuk pos dalam memberikan kenyamanan kepada pengunjung dan warga.

Namun pihaknya mengimbau petugas untuk menjaga kesehatan selama menjalankan tugas dalam pengamanan tersebut.

"Jangan sampai setelah libur akhir tahun, anggota Satgas dan TRC ini sakit dan tidak bisa menjalankan aktifitas atau bekerja," katanya. (*)