Trafik Data Indosat Selama Natal Meningkat

id Indosat

Trafik Data Indosat Selama Natal Meningkat

Operator telekomunikasi Indosat. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Trafik data Indosat Ooredoo mengalami lonjakan sepanjang libur Natal 2016 dengan mencatat angka kenaikannya cukup tinggi hingga 19,14 persen atau meningkat menjadi sekitar 2,232.04 terabyte per hari dari biasanya.

"Tren penggunaan media sosial dan pengiriman pesan melalui berbagai aplikasi memberi pengaruh pada traffic secara umum," ujar Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Deva Rachman dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Selain itu, menurutnya lagi, traffic voice nasional pada hari H turut terdongkrak menjadi sekitar 384,78 juta menit atau naik sekitar 0,28 persen dibandingkan dengan traffic voice reguler hari biasa.

Peningkatan tertinggi traffic voice terjadi di area wilayah Sumatera Utara (7,70 persen), Sumatera Selatan (5,81 persen), dan Jawa Timur (2,60 persen).

Sedangkan untuk traffic SMS di hari H menurun menjadi sekitar 544,86 juta SMS atau turun 1,44 juta dibandingkan traffic SMS reguler hari biasa.

Keberhasilan kirim antarpelanggan Indosat Ooredoo lebih dari 92,91 persen, dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antaroperator mencapai sekitar 90,73 persen.

Menyambut Natal dan Tahun Baru, Indosat Ooredoo memang telah menyiapkan jaringan untuk mengantisipasi kenaikan traffic telekomunikasi yang diprediksi terjadi saat libur akhir tahun ini, dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringannya.

Kapasitas suara ditingkatkan menjadi 2,244 juta menit/hari (37,4 juta Erlang/hari).

Begitupula dengan kapasitas layanan SMS ditingkatkan menjadi 1,892 miliar SMS/hari, dan kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 6,890 terabyte/hari.

Kesiapan ini juga didukung oleh i-NOC (Indosat Ooredoo Network Operation Center), fasilitas monitoring dan pengendalian jaringan secara terpadu baik untuk layanan seluler (mobile) maupun layanan Enterprise Corporate (Fixed MIDI), Indosat Ooredoo Business, termasuk yang disediakan oleh anak perusahaan Indosat Ooredoo seperti Lintasarta dan IM2. (*)