Pariaman Tutup Sementara Wisata Malam Pulau Angso Duo

id Pulau Angso Duo

Pariaman Tutup Sementara Wisata Malam Pulau Angso Duo

Pulau Angso Duo Pariaman. (Antara)

Pariaman, Sumbar, 24/12 (Antara) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, menyebutkan akan menutup sementara wisata malam ke Pulau Angso Duo sejak 25 Desember hingga satu Januari 2017 untuk mewaspadai keamanan para wisatawan yang datang.

Wakil Wali Kota Pariaman, Genius Umar, di Pariaman, Sabtu, mengatakan penutupan tersebut demi menjaga keamanan dan ketertiban pengunjung yang dikhawatirkan tidak dapat terkoordinir secara penuh.

"Kita kekurangan tenaga keamanan untuk menjaga serta mengawasi wisatawan yang akan datang terutama saat malam hari," kata dia.

Ia menyebutkan pada tahun sebelumnya, saat malam pergantian tahun baru penutupan wisata ke Pulau Angso Duo juga dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak baik dan bertentangan dengan nilai serta norma sosial," katanya.

Oleh sebab itu ia meminta para calon wisatawan yang akan datang agar memahami dan bersabar hingga akses ke pulau tersebut kembali dibuka secara penuh.

Namun sebut dia, Pulau Angso Duo tetap dapat dikunjungi saat siang hari untuk menghindari kekecewaan wisatawan yang telah datang dari jauh.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setempat, Jafreki, mengatakan penutupan Pulau Angso Duo untuk mewaspadai keamanan pengunjung akibat cuaca yang masih berfluktuatif.

"Kita khawatir cuaca ekstrem belakangan ini dapat mengancam keselamatan wisatawan sehingga penutupan sementara Pulau Angso Duo perlu dilakukan," ujarnya.

Pihaknya menyebutkan penutupan tersebut juga didukung atas dasar visi misi Kota Pariaman menjadikan daerah tujuan wisata berbasis ekonomi kreatif dan bernuansa islami.

"Dikhawatirkan jika dibuka seperti hari biasanya hingga malam hari, tidak semua pelancong dapat kita awasi secara penuh. Selain itu juga dikarenakan adat istiadat dan agama di Sumatera Barat masih kental sekali," ujarnya. (*)