Gubernur: Mubes Gebu Minang Momentum Kebangkitan Minangkabau

id Irwan Prayitno

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengharapkan musyawarah besar ke VI Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang yang digelar di Padang dapat menjadi momentum kebangkitan orang Minangkabau.

"Orang Minang selalu memiliki pemikiran ingin lebih maju, dan kemajuan itu akan dapat diraih jika hubungan orang Minang di kampung dan rantau terjaga dengan baik," katanya pada pembukaan Mubes Gebu Minang di Padang, Jumat.

Ia mengatakan untuk membangkitkan semangat kemajuan itu orang Minang harus bersatu dengan seringnya bertemu dan berkomunikasi dengan para perantau agar potensi yang dimiliki tersalurkan melalui orang Minang yang berkiprah di tingkat nasional.

Mubes Gebu Minang digelar untuk memilih kepengurusan yang baru, dan dengan terpilihnya ketua baru diharapkan dapat meningkatkan eksistensi orang Minang di Indonesia dan dunia.

"Saya berharap Mubes Gebu Minang ini dapat menetapkan ketua yang bijak agar dapat melindungi orang Minang yang tersebar di seluruh dunia," kata dia.

Sementara itu Ketua Gebu Minang Ermansyah Jamin mengatakan Gebu Minang merupakan suatu organisasi masyarakat Minangkabau yang bertujuan menghimpun dan membina potensi orang Minang yang berada di ranah Minang dan perantauan di bidang ekonomi dan kebudayaan.

Mubes ini diselenggarakan dari 23-25 Desember 2016 bertepatan dengan hari ulang tahun organisasi itu yaitu pada 24 Desember 1989.

"Saya berharap ke depan anggota Gebu Minang dapat meningkatkan silaturahim agar terjalin hubungan yang baik," katanya.

Ketua Pelaksana Mubes VI Gebung Minang Zulhendri Chaniago mengatakan untuk sementara ada dua orang yang mencalonkan diri sebagai ketua yaitu Oesman Sapta Adang dan Is Anwar.

"Pemilihan ketua tersebut melalui formatur yang akan dirapatkan pada Sabtu malam (24/12) yang sekaligus dilakukan pemilihan ketua," katanya. (*)

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar