BI Pastikan Uang Rupiah Lama Tetap Berlaku

id penukaran uang baru

BI Pastikan Uang Rupiah Lama Tetap Berlaku

Warga mengantre menukarkan uang rupiah lama dengan yang baru, pada mobil kas keliling di Jl Permindo Padang, Sumatera Barat, Selasa (20/12). Bank Indonesia Sumatera Barat menurunkan mobil kas keliling untuk melayani penukaran uang rupiah emisi 2016 hingga ke pasar-pasar di Padang, menyusul antusiasme masyarakat untuk mendapatkan 11 pecahan uang rupiah kertas dan logam dengan desain terbaru yang baru diluncurkan. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Padang, (Antara Sumbar) - Bank Indonesia perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) memastikan uang rupiah seri lama yang saat ini beredar di masyarakat tetap berlaku dan sah sebagai alat pembayaran meskipun telah diterbitkannya uang rupiah kertas dan logam tahun emisi 2016.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, uang yang lama tetap sah dan berlaku seperti biasa jangan berpikir yang lama akan dicabut," kata Kepala Tim Sistem Pembayaran BI perwakilan Sumbar Trisna Irawati di Padang, Selasa.

Menurut dia, untuk tahap awal pihaknya baru melakukan peredaran dengan stok terbatas sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat tentang rupiah pecahan baru.

"Untuk rupiah yang kondisinya tidak layak edar akan ditarik lewat setoran bank dan secara bertahap uang baru mulai didistribusikan," katanya.

Jika suplai sudah lancar maka uang yang beredar di masyarakat adalah seri terbaru, jadi alamiah saja tidak perlu memaksakan diri sampai berbondong-bondong menukar, lanjutnya.

Ia menyampaikan untuk distribusi dilakukan lewat perbankan dan mobil kas keliling untuk melayani kebutuhan masyarakat.

Trisna mengajak masyarakat untuk memperlakukan rupiah dengan baik karena biaya yang dikeluarkan untuk mencetaknya cukup besar.

"Kalau rupiah terawat tentu masa pakainya lebih lama, jangan dilipat, dicoret, diremas dan terkena air dan distaples," katanya.

Sementara Kepala Divisi Distribusi Uang Bank Indonesia Astral Mashuri mengatakan setidaknya ada sejumlah tahapan yang harus dilewati sehingga rupiah hadir di tangan masyarakat.

Tahapannya mulai dari perencanaan, pencetakan, pengeluaran, pengedaran, penarikan dan pencabutan dan yang terakhir pemusnahan, ujar dia.

Salah seorang warga Padang, Andri, menyambut baik penerbitan uang rupiah baru dan berharap BI terus melakukan sosialisasi agar masyarakat kenal dan tidak bingung.

"Jangan sampai karena ada yang belum tahu, uang rupiah baru malah ditolak saat transaksi, ini harus diantisipasi," katanya. (*)