Wabup Tanah Datar Harapkan PT Hasilkan Lulusan Kompetensi

id wisuda STIA

Wabup Tanah Datar Harapkan PT Hasilkan Lulusan Kompetensi

Para wisudawan/ti STIA/STIE Pagaruyung foto bersama dengan Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma, Ketua Kopertis wilayah X diwakili Elli Susanti,dan Ketua Yayasan STIA/STIE Pagaruyung Harmon Caniago di Batusangkar, Senin (19/12). (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma mengharapkan perguruan tinggi mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan mampu menjawab tantangan dunia kerja.

"Ke depan tantangan semakin berat, jadi sangat dibutuhkan lulusan yang berkompetensi dalam dunia kerja maupun di masyarakat, jadi lulusan ini harus mampu menjawab tantangan tersebut," katanya saat acara Wisuda Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi/Ekonomi (STIA/STIE) Pagaruyung di Batusangkar, Senin.

Ia mengharapkan para wisudawan/ti dapat berkontribusi terhadap pembangunan dan kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

"Acara wisuda ini hanyalah sebagai bukti formal, namun ilmu pengetahuan yang diperoleh akan lebih bermanfaat bila dipadu dengan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual," katanya.

Ia mengajak lulusan perguruan tinggi sebagai generasi muda dapat menjadi ujung tombak dalam memerangi maraknya terjadi penyakit masyarakat seperti penyalahgunaan Narkoba, pergaulan bebas, maupun perbuatan asusila.

Sementara itu, Ketua Kopertis Wilayah X diwakili Elly Susanti, SE.MM mengatakan lulusan STIA/STIE Pagaruyung ini merupakan aset bagi daerah sehingga perlu dikembangkan dan dinaikan statusnya ke yang lebih tinggi.

"Untuk mencapai hal itu tentu diperlukan dukungan pemerintah daerah," katanya.

Ia menjelaskan perguruan tinggi swasta itu harus sehat secara finansial, taat azas dan harus memenuhi sembilan kategori termasuk harus mengantongi izin dari Kemenkum Ham RI.

Ia menyebutkan Kopertis wilayah X tergabung dalam empat provinsi yaitu Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau yang menaungi 249 perguruan tinggi swasta.

"Saat ini Kopertis Wilayah X punya sembilan jurnal seperti jurnal Iptek Terapan dan ke depan akan ditambah menjadi 15 jurnal dan sudah dianggarkan pada 2017, termasuk STIA/STIE pagaruyung," katanya.

Untuk itu, ucapnya, kompetensi dosen sangat menentukan dalam proses akreditasi sehingga perguruan tinggi perlu memperhatikan karir seorang dosen.

Ketua Yayasan STIA/STIE Pagaruyung Dr. Harmon Caniago mengatakan jumlah mahasiswa yang diwisuda saat ini sebanyak 33 orang telah menyelesaikan pendidikan S1.

Ia berharap para wisudawan/ti terus belajar dan menggali disiplin kesarjanaan, dan menggunakannya untuk kebaikan bagi masyarakan dan kemajuan daerah maupun negara. (*)