Mensos Resmikan E-Warong ke 114 di Pekanbaru

id Khofifah Indar Parawansa

Mensos Resmikan E-Warong ke 114 di Pekanbaru

Mensos Khofifah Indar Parawansa. (Antara)

Pekanbaru, (Antara Sumbar) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meresmikan gerai ke-114 e-Warong Kelompok Usaha Bersama-Program Keluarga Harapan (KUBE PKH) di Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

"E-Warong menjadi agen bank untuk penyaluran bantuan sosial PKH dan Rastra. Pemilik e-Warong adalah keluarga kurang mampu penerima PKH dan penerima rastra itu sendiri. Artinya pengelolanya juga ibu-ibu di sini," kata Mensos di Pekanbaru, Senin.

Mensos juga menjelaskan kepada ibu-ibu peserta PKH bahwa dengan memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) para penerima manfaat dapat mencairkan bantuan di ATM maupun agen bank juga di E-warong

Ia juga meminta agar pendamping PKH untuk mendampingi para penerima manfaat saat bertransaksi di E-warong.

Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miski, Andi ZA Dulung mengungkapkan hadirnya e-Warong KUBE PKH merupakan inisiatif baru berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo agar semua bantuan sosial nantinya akan disalurkan secara nontunai melalui perbankan.

"Semua penerima bantuan sosial akan memiliki rekening di bank, pencarian melalui teknologi IT melalui agen bank atau e-Warong," katanya.

Semua kegiatan tersebut, lanjut Andi, dipayungi oleh Koperasi Masyarakat Indonesia Sejahtera (KMIS) bekerja sama dengan Bulog dan HIMBARA (Himpunan Bank Negara).

"E-Warong ini sederhana tapi sebenarnya merupakan agen bank. Diharapkan warong ini diharapkan menggerakkan ekonomi lokal, mendekatkan bahan pokok dengan masyarakat, menahan inflasi, tempat operasi pasar," kata Andi.

Andi mengatakan Pekanbaru merupakan kota ke 37 yang memiliki E-warong. Pemerintah menargetkan sebanyak 300 E-warong terbentuk hingga akhir 2016. (*)