KPU Payakumbuh Tetapkan DPT Pilkada 84.329 Pemilih

id pilkada

Payakumbuh, (Antara Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar), menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) 2017 sebanyak 84.329 orang.

Ketua KPU Payakumbuh Hetta Manbayu di Payakumbuh, Selasa, mengatakan DPT tersebut mengalami penurunan 790 pemilih dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) 85.119 yang ditetapkan pada satu bulan yang lampau.

DPT tersebut ditetapkan dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi DPT untuk pemilihan wali kota dan wakil wali kota 2017 pada salah satu hotel di daerah tersebut.

Beberapa penyebab pengurangan daftar pemilih tersebut diataranya meninggal dunia, Nomor Induk Kependudukan (NIK) di luar Kota Payakumbuh, serta data kependudukan tidak ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

Hal itu sebebkan DPS atau DPS hasil perbaikan terus diperbaharuhi setiap waktu, sehingga DPT tersebut lebih terbaru.

Ia merincikan, dari DPT yang ditetapkan tersebut, pemilih di Kota Payakumbuh masih dominan perempuan dibanding laki-laki, dimana pemilih perempuan 43.038 orang, sementara laki-laki hanya 41.281 orang.

Pemilih tersebut tersebar di lima kecamatan dan 48 kelurahan, dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) 210.

Pemilih yang paling banyak terdapat di Kecamatan Payakumbuh Barat 32.820 orang, kemudian Kecamatan Payakumbuh Utara 20.067 orang, selanjutnya Kecamatan Payakumbuh Timur 17.440 orang.

Berikutnya Kecamatan Payakumbuh Selatan 7.146 orang, sementara kecamatan yang pemilihnya paling sedikit pemilihnya adalah Lampasi Tigo Nagari, yakni 6.856 orang

Hetta menyebutkan, beberapa kegunaan DPT itu diantaranya menentukan jumlah surat suara yang akan dicetak, menghitungkan kekuatan dan peluang menang bagi pasangan calon kepala daerah, dan menentukan pastisipasi pemilih.

Ia menambahkan DPT itu akan dikirim kepada Panitia Pemingutan Suara (PPS) dan akan diumumkan di tempat-tempat strategis sampai hari pemilihan sehingga masyarakat dapat mengetahui di TPS yang mana mereka melakukan pencoblosan.

Pelaksana Tugas Wali Kota Payakumbuh yang diwakili oleh Staf Ahli wali kota, Dafrul Pasi berharap masyarakat setempat meningkatkan patisipasi dalam pelaksanan pilkada serentak 2017, dimana di Sumbar hanya dua daerah yang menyelengarakannya yakni Kota Payakumbuh da Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kemudian ia juga meminta semua pihak untuk menyosialisasikan pilkada kepada masyarakat sehingga tingkat partisipasi pemilih meningkat.

Ia berharap jangan hanya KPU dan pasangan calon saja yang menyosialisasikan pilkada kepada masyarakat, tapi juga partai politik pengusung pemerintah daerah, serta semua pihak, tarmasuk unsur media masa. (*)