Legislator Padang: Pemkot Evaluasi Pelaksanaan Porprov

id porprov sumbar

Padang, (Antara Sumbar) - Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Wahyu Iramana Putra meminta pemerintah setempat segera mengevaluasi kinerja pelaksana Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV yang dilaksanakan pada 19 hingga 29 November 2016 di daerah itu.

"Padang menjadi tuan rumah pelaksanaan Porprov dan begitu banyak keluhan serta persoalan terjadi terkait pelaksanaan kegiatan termasuk anggaran sehingga perlu segera dievaluasi," kata dia di Padang, Selasa.

Menurutnya, evaluasi perlu dilakukan berdasarkan banyaknya keluhan serta pengaduan masing-masing cabang olahraga dari berbagai kontingen daerah.

"Apalagi jika terkait ketidaksesuaian anggaran di lapangan, hendaknya wali kota turut mengevaluasi. Jangan sampai persoalan itu nantinya sampai di ranah hukum," katanya.

Ia mengaku dirinya mendapat pengaduan dan keluhan dari sejumlah cabang olahraga, mulai dari molornya jadwal pertandingan, penyerahan hadiah atau medali dan keakuratan informasi perolehan medali masing-masing cabang olahraga.

Kemudian, lanjutnya keluhan juga terkait pelayanan, sarana dan prasarana penunjang yang tidak sesuai standar atletik dan bahkan sampai honor wasit.

"Kontingen daerah bahkan menilai persiapan Porprov 2016 buruk," tegasnya.

Ia menjelaskan banyak temuan di lapangan tidak sesuai harapan termasuk lintasan atletik tidak sesuai standar yang jika dipaksanakan perbaikannya menghabiskan anggaran hingga Rp900 juta.

"Jadi hendaknya evaluasi secara keseluruhan, mulai laporan serta teknis pelaksanaan," ujarnya.

Sebagaimana diketahui pelaksanaan Porprov Sumbar XIV dilaksanakan mulai 19 hingga 29 November 2016 dan Kota Padang menjadi tuan rumah even tersebut.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Padang Suardi Junir mengatakan untuk penutupan even pada 29 November dijadwalkan akan ditutup oleh Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit di Stadion H Agus Salim pada sore hari.

"Penutupan akan dimulai dengan pertandingan final cabang olahraga sepakbola antara Limapuluh Kota melawan Pasaman Barat," katanya.

Dalam acara penutupan juga terdapat beberapa kegiatan antara lain penyerahan tropi juara umum, penyerahan bendera Porprov 2018 dan pengumuman para pemenang kontingen. (*)