Pemerintah Padang Upayakan Peningkatan Kualitas Koperasi Syariah

id koperasi syariah

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mengupayakan peningkatan kualitas Koperasi Jasa dan Keuangan Syariah (KJKS) guna menghadapi persaingan ekonomi global seperti Masyarakat Ekonomi ASEAN.

"Melakukan pelatihan sekaligus pembinaan pengelola koperasi menjadi prioritas kami dalam peningkatan kualitas tersebut," kata Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah melalui Sekretaris Daerah Kota Padang, Asnel di Padang, Selasa.

Menurut Asnel pelatihan dan pembinaan ini mencakup aspek dalam hal melakukan perencanaan program dan evaluasinya pada akhir kegiatan.

Dalam hal ini pengelola diberikan pengetahuan cara efektif mengelola koperasi yang berbasis masyarakat kecil tersebut.

"Termasuk mengatasi permasalahannya seperti kredit macet dan sebagainya," tambahnya.

Ia menyebutkan upaya Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Padang pada Minggu (27/11) lalu menjadi salah satu langkah ke arah situ.

Menurutnya dengan mengundang 312 pengelola KJKS dan UMKM di kelurahan menjadi upaya pengembangan unit tersebut ke depan.

Ia berharap dari pelatihan tersebut seluruh pengelola dan anggota KJKS dapat bersatu dalam merumuskan suatu program masyarakat yang meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

"Bila perlu masyarakat dapat menjadi pelopor gerakan ekonomi maju dari perkoperasian," katanya.

Sementara itu salah satu pengelola KJKS di Kelurahan Banda Buek Nenden berharap adanya pemantauan dan pencarian solusi dari pemerintah terkait permasalahan dalam koperasi.

Terutama, katanya dalam memberikan pembenaran persepsi terkait KJKS dan syarat peminjamannya.

Dengan selesainya persoalan tersebut upaya pengembangan koperasi ke depan mudah dilaksanakan. (*)

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar