"Sahabat Malaysia" Pererat Hubungan Bilateral Indonesia-Malaysia

id sahabat malaysia

Pekanbaru, (Antara Sumbar) - Konsulat Malaysia Pekanbaru, Riau membentuk komunitas "Sahabat Malaysia" guna menyatukan para warga negara Indonesia yang merupakan alumni dari sejumlah Universitas di Malaysia.

"Sahabat Malaysia ini sebagai bentuk peningkatan kerjasama bilateral antara kedua negara di tingkat hubungan masyarakat," ujar Konsulat Jenderal Malaysia Perwakilan Pekanbaru, Hardi Hamdin di Hotel Grand Jatra Pekanbaru, Senin.

Ia menambahkan bahwa hubungan bilateral Indonesia dan Malaysia bukan hanya tanggung jawab antar pemimpin atau institusi tapi juga antar masyarakat di kedua negara.

Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa dengan adanya Sahabat Malaysia tersebut, diharapkan nantinya dapat memberikan informasi kepada masyarakat terutama Pekanbaru untuk dapat mengetahui lebih jauh tentang negeri jiran itu. Selain itu, para anggota dari komunitas antar bangsa ini diharapkan dapat saling berbagi informasi yang positif demi kebaikan bersama.

"Komunitas ini membantu untuk menjembatani dan memahami isu-isu yang ada di Malaysia dan di Indonesia, dalam hal ini Riau, sehingga secara tidak langsung mempererat hubungan sesama masyarakat," tambahnya.

Untuk saat ini, ia mengatakan bahwa jumlah Sahabat Malaysia yang tersebar di Riau berjumlah lebih dari seratus orang. Sedangkan untuk jumlah mahasiswa Malaysia yang berkuliah di Pekanbaru berjumlah 183 orang, yang mana jumlah tersebut mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu dengan total mencapai 220 orang.

"Kami dari konsulat saat ini sudah berencana untuk menjalin kerjasama di berbagai sektor seperti pariwisata, pendidikan, dan perdagangan, saat ini masih dalam perencanaan dan tinggal persetujuan dari Pusat," sebutnya. (*)