PGRI: Guru harus Mampu Mendidik dan Mengajar

id hari guru

Pariaman, (Antara Sumbar) - Ketua PGRI Kota Pariaman, Sumatera Barat, Baharudin, mengatakan seorang guru harus mampu mendidik dan mengajar dalam mentransformasi ilmu pengetahuan kepada anak didik.

"Tugas seorang guru tidak hanya mengajar, namun upaya membentuk karakter anak didik merupakan salah satu kewajibannya," katanya usai melaksanakan upacara peringatan Hari Guru Nasional di Pariaman, Jumat.

Menurutnya konsep mengajar dan mendidik merupakan dua hal yang berbeda. Mengajar, jelasnya merupakan suatu hal menyampaikan materi ilmu pengetahuan kepada anak didik melalui jalur formal dan non formal.

Sedangkan mendidik, tambahnya merupakan kemampuan seorang guru dalam membentuk karakter dan moral anak kepada arah yang lebih baik.

"Karakter anak yang diharapkan seperti budi pekerti yang baik, akhlak, kecerdasan emosional dan termasuk pertumbuhan anak itu sendiri," jelasnya.

Oleh sebab itu, sebutnya masih banyak ditemui para guru yang kurang memahami hal tersebut sehingga dikhawatirkan dapat mencederai tujuan pendidikan nasional.

"Tujuan pendidikan sangat jelas diatur dalam undang-undang bagaimana upaya pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, dan memanusiakan manusia," ujarnya.

Terkait adanya beberapa kasus dalam dunia pendidikan, antara orang tua yang komplain kepada sekolah atau guru, pihaknya menyebutkan hal itu wajar terjadi.

"Sekolah atau guru tidak pernah sama sekali ingin menyulitkan anak didik bahkan menyakitinya, apa bila itu terjadi merupakan perbuatan oknum," tambahnya.

Sementara itu Rafki (44) salah seorang wali murid di kota itu berharap dengan adanya peringatan hari guru, pendidikan di kota itu semakin maju.

Ia juga berharap para guru dapat memahami kebutuhan anak, karena tidak semua anak bisa menyampaikan keluhan yang dialaminya dalam belajar.

"Terkadang anak lebih suka memberitahu kepada orang tua setelah jam pelajaran selesai, hal itu terjadi karena anak belum siap mental," ujarnya. (*)